Bisnis Gula Cair, Semanis Prospek dan Untungnya

UMKM - gula cair

KARGOKU-UMKM – Apa Gula Cair itu?

kargoku.id - gula cair
Gula Cair

Gula cair fructosa atau biasa disebut dengan gula buah atau gula madu. Jenis gula ini biasanya digunakan dalam industri makanan dan minuman.

Kelebihannya lagi ketika dicampurkan ke makanan atau minuman gula ini dapat mempertahankan cita rasa serta warna.

Dibandingkan dengan gula pasir, gula cair lebih mudah dalam proses produksinya sehingga menjadi lebih ekonomis.

Gula ini memiliki rasa yang manis seperti buah segar. Proses produksi gula jenis ini dilakukan dengan kondisi murni sehingga kemungkinan kuman yang masuk dalam kemasan sangat kecil.

Prospek Bisnis Gula Cair

Bisnis gula cair memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Gula jenis ini banyak digunakan oleh industri makanan dan minuman karena proses produksi akan lebih mudah jika gula sudah dalam kondisi yang cair.

Pada tahun 2016, permintaan gula jawa cair (coconut syrup) untuk eskpor ke Amerika mencapai 50 ton. Jumlah ini tergolong besar dan terus bertumbuh seiring dengan perkembangan industri makanan dan minuman.

Dengan tingginya permintaan tersebut maka tidak salah jika bisnis ini dapat menjadi primadona baru untuk UMKM. Anda dapat mencoba memproduksi sendiri, tentunya hal ini membutuhkan riset tersendiri dan modal produksi yang agak lebih besar.

Jika anda belum yakin, belum pernah mencoba atau memiliki keterbatasan dari segi modal, anda dapat juga mencoba menjadi agen distributor gula cair.

Karena kekuatannya ada pada kuantitas produk yang anda distribusikan ke end user , maka margin keuntungan relatif lebih kecil. Akan tetapi, bisnis distributor memiliki keunggulan tersendiri terutama dari modal produksi dan resiko kegagalan produksi.

Mari kita simak terlebih dahulu jenis-jenis produksi gula cair yang sudah mulai ramai di pasaran.

Gula Tebu Cair

Gula cair tebu merupakan pengganti dari gula pasir. Penggunaan jenis gula ini dapat digunakan untuk konsumsi rumah tangga, restoran, hotel dan industri makanan minuman.

Daftar distributor Gula Tebu Cair:

  1. PT Gula Energy Nusantara dengan produk unggulannya yang bernama Gulanas
  2. PT Natura Bumi Kanaka dengan produk unggulannya yang bernama Naturoca
  3. CV Naturindo dengan produk unggulannya yang bernama Sugarsantosa
  4. CV Sinar Global Santosa
  5. UD Sember Alam Nabati dengan produk unggulannya yang bernama Sungai Budi

Gula Merah Cair

Gula merah cair adalah pengganti gula semut, atau biasa kita kenal dengan gula merah tradisional. Jenis ini dapat dikonsumsi untuk skala rumah tangga hingga industri.

Untuk membuat gula merah cair sebaiknya pilihlah bahan baku yaitu gula merah dengan kualitas yang baik.

Gula merah yang baik adalah yang tidak berpasir, tidak memiliki rongga dan padat. Jenis ini memiliki warna rada kemerahan atau memiliki warna coklat tua.

Dikatakan gula merah yang asli dapat dilihat dengan tes menggunakan pisau, dimana jika gula merah yang asli jika disisir halus dengan pisau akan lengket ke pisau , sedangkan gula merah yang palsu akan masir jika disisir.

Daftar distributor Gula Merah Cair:

  1. CV Diva Maju Bersama dengan produk unggulannya yang bernama Diva’s Palm Sugar
  2. UD Kelompok Tani Aren Indonesia
  3. CV Globalindo Internusa dengan produk unggulannya yang bernama Gulanas

Gula Cair dari Singkong

Singkong merupakan komoditas pertanian di Indonesia yang cukup banyak. Tanaman ini tumbuh dengan subur hampir di seluruh Indonesia terutama di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, Pulau Jawa dan di daerah lainnya.

Melimpahnya produksi singkong membuat singkong sebaiknya diolah menjadi olahan seperti tepung mocaf, tepung tapioka, bioetanol, nata de cassava, aneka makanan camilan, gula cair, dan lain-lain.

Salah satu bentuk olahan singkong yang mempunyai prospek yang cukup baik adalah industri gula cair. Jika dilihat dari segi prospek pasar, gula jenis ini memiliki potensi yang cukup besar, baik pasar lokal maupun pasar luar negeri.

Daftar distributor Gula Cair dari singkong:

  1. Gulassava Mari Food, PT dengan produk unggulannya Gulassava
  2. Inovasindo Berkah Mandiri, CV dengan produk unggulannya Gulakong
  3. Tekno Boga Mandiri, CV
  4. Naturindo Jaya Mandiri, CV dengan produk unggulannya HILWA

Jika Anda tertarik pada bisnis gula cair ini ada baiknya juga melengkapi pengetahuan Anda tentang PIRT

 

Related posts

Leave a Comment