Bisnis Kedai Kopi Lokal dengan Kekhasan Kopi Nusantara

UMKM - bisnis kedai kopi lokal

Bisnis Kedai Kopi Lokal – UMKM

Beberapa tempat di kota-kota besar khususnya Jakarta, bisnis kedai kopi dapat dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin membangun sebuah bisnis. Prospek bisnis kedai kopi lokal cukup menjanjikan mengingat jumlah penikmat kopi setiap hari terus meningkat. Kopi merupakan salah satu gaya hidup orang Indonesia.

Hobi sebagai penikmati kopi, merupakan salah satu pendorong bertumbuhnya bisnis kedai kopi terus bertumbuh. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam membuat kedai kopi adalah dengan menyajikan  kopi khas nusantara yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa menyajikan secara lebih modern.

Salah satu pelaku usaha bisnis kedai kopi lokal adalah Daddy Miss Bar yang merintis bisnisnya bersama dua rekan bisnisnya di Jalan Rambutan Raya, Kota Depok. Kebetulan, Daddy dan kedua rekannya juga penikmat kopi hitam. Mereka biasa menikmati kopi sambil bercengkrama.

Modal Bisnis Kedai Kopi Lokal

Menurut para pelaku bisnis kedai kopi lokal, modal yang dibutuhkan untuk membuat 1 kedai kopi terbilang murah. Sebab, modal bisnis kedai kopi pada dasarnya hanya kopi dan air panas saja. Dengan modal sekitar 1 juta rupiah pun sudah cukup untuk membeli alat dan bahan baku. Fakta yang ada mengatakan, banyak pengusaha sukses meski modal untuk membangun kedai kopi pas-pasan.

Jika anda penggiat UMKM dan ingin membangun bisnis kedai kopi lokal dengan peralatan yang lengkap, modal yang dibutuhkan sekitar 20 juta. Berikut analisa biaya bisnis kedai kopi.

No Keterangan Harga (Rupiah)
Investasi Peralatan
Investasi Peralatan
1 Coffee vending 7.500.000
2 Gerabah 700.000
3 TV 1.725.000
4 Meja kursi 6.500.000
5 Peralatan lain-lain 500.000
Pembelian Bahan-Bahan
6 Kopi 1.000.000
7 Gula 800.000
8 Coklat 500.000
9 Cake 100.000
10 Lain-lain 200.000
Total 19.525.000

 

Besar kecilnya modal yang dikeluarkan untuk membangun bisnis kedai kopi tergantung besar kecilnya kedai yang akan dibuka. Meskipun demikian, bisnis kedai kopi lokal juga tidak bisa sembarangan. Anda harus punya konsep unik agar kedai kopi yang Anda miliki dapat menarik konsumen untuk berkunjung dan menikmati kopi di kedai kopi Anda.

kargoku.id - bisnis kedai kopi lokal
Kedai Kopi Bertema Unik

Bisnis kedai kopi lokal sebaiknya dilakukan di tempat yang sudah banyak pesaing namun kunci nya adalah Anda harus memiliki konsep terlebih dahulu untuk dapat bersaing dengan kedai kopi lainnya.

kargoku.id - bisnis kedai kopi lokal
Konsep Go Green Dapat Menjadi Alternatif

Menjadi seorang wirausahawan memang tidak semudah menjadi seorang pegawai yang bekerja kantoran yang secara ruti mendapat gaji bulanan. Namun sebagai kaula muda Anda harus bisa menjawab tantangan untuk meningkatkan usaha produktif. Di samping uang, seorang wiraswasta juga membutuhkan waktu dan kreativitas sebagai modal usaha. Dengan modal usaha berupa uang, waktu dan kreativitas yang dimiliki, Anda diharapkan bisa menjadi pengusaha yang sukses.

 

Baca juga : Bisnis Sampingan Karyawan

 

Related posts

Leave a Comment