Ide Bisnis Rumahan – Langkah Mudah Merintis Bisnis Laundry Sepatu

laundry sepatu Ide Bisnis Rumahan dan UMKM

Ide Bisnis Rumahan – Merintis Bisnis Laundry Sepatu

Ide Bisnis Rumahan dan UMKM – Semakin sibuknya masyarakat membuat bisnis yang menawarkan jasa pelanyanan kepada masyarakat semakin merangkak tumbuh, termasuk laundry sepatu.

Bisnis yang menawarkan jasa untuk mencuci sepatu pun mulai bertumbuhan di berbagai daerah.

Bisnis ini juga termasuk salah satu ide bisnis rumahan yang patut untuk diperhitungkan.

Bagai mana tidak pengahasilan yang ditawarkan dari bisnis ini lumayan besar.

Kita ambil contoh Tarif yang dikenakan kepada pelanggannya berkisar antara 50.000 rupiah untuk sepatu berbahan kanvas, hingga Rp 60.000 untuk sepasang sepatu berbahan kulit atau suede.

Dalam seminggu, usaha jasa cuci sepatu  rata-rata menerima pesanan sekitar 50-70 pasang sepatu.

Jumlah itu mendatangkan omset sekitar Rp10 juta – Rp14 juta per bulan.

Pada dasarnya laundry sepatu sama seperti laundry pakaian, yang menjadi perbedaan hanyalah mesin cuci yang dipergunakan serta ditergentnya.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba bisnis ini, sebelum memulai bisnis ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik.

Menganalisa prospek bisnis

Setiap akan mendirikan bisnis ada baiknya kita melakukan pemetaan area, agar kita dapat mengetahui apakah bisnis yang kita tawarkan dibutuhkan.

Untuk mendapatkan data yang akurat memang tidaklah gampang, dengan pengamatan dan observasi langsung ke calon konsumen adalah salah satu cara yang paling baik kita lakukan sebelum menetapkan bisnis.

Sasaran dari bisni ini antara lain para mahasiswa, pekerja kantoran, dan profesi lain yang intens menggunakan sepatu saat beraktifitas.

Jika didaerah anda cukup banyak maka bisnis ini bisa anda rintis.

Persiapkan perlengkapan bisnis 

Tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan tempat usaha, dalam hal ini anda dapat memanfaatkan bagian rumah anda.

Luas tempat usaha yang dibutuhkan mencakup untuk tempat mesin cuci, tempat penjemuran/pengeringan, tempat rak/lemari sepatu, dan tempat perlengkapan usaha seperti detergen dan parfume laundry.

Jika tempat usaha sudah kita tetapkan, tahapan selanjutnya adalah memilih mesin laundry sepatu.

Mesin ini berbeda dengan mesin laundry pakaian, harga mesin ini berkisar 2 – 5 jutaan. Jika membeli mesin cuci ada baiknya kita membeli mesin yang memiliki  fasilitas dryer (pengering).

Selain itu kita harus mempersiapkan bahan kimia seperti anti bacterial, surfaktan, cleaner, neutralizer dan solvet parfume.

Serta eralatan sederhana seperti sikat halus, sikat kasar, kain microfiber, penghapus karet, suede spon dan botol semprot.

Promosikan bisnis

Untuk menarik pelanggan datang ketempat usaha kita adalah dengan cara mempromosikan bisnis yang kita rintis. Semakin sering kita mempromosikan maka semakin banyak orang yang tau dengan jasa yang kita tawarkan.

Tetapi kita juga harus cermat dalam melakukan promosi, bisa dengan memasang iklan di area perkantoran, kampus dan area yang ramai didatangi orang.

Kita juga dapat mempromosikan jasa yang kita tawarkan melalui sosial media seperti facebook, instagram, twitter.

Tentukan harga jasa

Dalam menentukan harga jasa kita dapat memperhitungkannya dari tingkat kesulitan dalam pembersihan noda, dan lama pengerjaan.

Hal yang anda ketahui adalah jangan menetapkan harga jasa lebih dari 30% harga sepatu, karena kemungkina mereka akan memilih untuk membeli sepatu yang baru.

Dalam kompetisi bisnis kita harus benar benar cermat mengadapinya, seperti menetapkan harga lebih murah tetepi kuwalitas OK mungkin menjadi magnet bagi pelanggan.

Selain itu kita juga dapat menawarkan jasa antar jemput untuk memudahkan konsumen. Serta promo menarik (5 kali cuci gratis 1 kali)  juga dapat menjadi pilihan strategi untuk berkompetisi yang sehat.

 

Baca juga “UMKM” lainnya.

Related posts

Leave a Comment