Bisnis Sampingan Mahasiswa Modal Kecil

bisnis sampingan mahasiswa

KARGOKU – UMKM

Bisnis sampingan mahasiswa tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar, dengan modal kecil bisnis tersebut dapat berjalan.

Berbeda dengan bisnis sampingan pelajar yang hanya bisa dilakukan setelah pulang sekolah, bisnis sampingan mahasiswa lebih memiliki banyak waktu untuk dikerjakan karena waktu kuliah para mahasiswa rata-rata tidak penuh dari pagi hingga sore.

Bisnis Sampingan Mahasiswa

Selain dibutuhkan ide bisnis sampingan mahasiswa juga dibutuhkan kejelian melihat peluang dan keberanian untuk mencobanya adalah hal yang perlu dicoba. Berikut beberapa ide bisnis sampingan mahasiswa yang dapat dicoba.

Bisnis Pulsa Elektrik

Salah satu bisnis sampingan yang dapat dicoba mahasiswa adalah bisnis pulsa elektrik. Untuk sekali penjualan, bisnis kamu ini bisa mendapat keuntungan Rp 500-Rp 1000.

Jadi kalo bisnis ini kamu kelola dengan baik, bisnis pulsa elektrik sebagai bisnis sampingan mahasiswa kamu ini bisa dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan lho.

Ohiya, sebelum memulai bisnis ini ada baiknya kamu memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuknya dulu. Misal kamu harus siap dengan teman yang utang pembayaran pulsa.

Bisnis Les Privat

Buat kamu yang punya hobi sharing ilmu, kamu bisa coba nih bisnis les privat. Melalui bisnis ini kamu bisa sharing ilmu ke anak SD, SMP dan SMA tergantung dari materi yang kamu kuasai.

Misalnya kamu bisa memberikan pelajaran matematika, kimia, fisika, biologi, atau bahasa inggris. Disamping ilmu pelajaran sekolah, kamu juga bisa bisnis les privat sesuai sama hobi kamu dalam bisa seni seperti gitar, piano, biola atau les privat kuliner.

Disamping bisa menambah uang saku, bisnis ini bisa memperdalam penguasaan materi sekaligus hiburan diantara banyaknya tugas kuliah.

Bisnis Online Shop

Berikutnya bisnis sampingan yang ngga kalah kece yang bisa kamu lakukan adalah bisnis online shop. Tidak sedikit mahasiswa memilih untuk melakukan bisnis sampingan mahasiswa dengan bisnis online shop sebagai awal belajar berbisnis.

Melalui online shop kamu bisa menjual bisnis sampingan mahasiswa kamu dengan menjual berbagai model tas, baju, sepatu maupun frozen food. Beberapa situs reseller juga bisa kamu jualkan barangnya. Namun sekali lagi bisnis online shop bukan tanpa resiko, yes.

Baca juga artikel UMKM lainnya

Related posts

Leave a Comment