Dekorasi Stand Pameran Sederhana, Bangun Branding Bisnis Anda

umkm- dekorasi pameran stand sederhana

UMKM

UMKM – Tips Dekorasi stand pameran sederhana – Hal ini kerap kali menjadi hal yang dipertanyakan baik oleh pengusaha UMKM ataupun perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui stand lebih dalam lagi.

Apakah yang dimaksud dengan stand? Stand sering disambungkan dengan pameran untuk keperluan bisnis ataupun kegiatan korespondensi.

Oleh karenanya, stand dapat diartikan sebagai mini stage yang terdiri dari berbagai macam aksesoris yang digunakan untuk kegiatan promosi suatu barang ataupun jasa.

Fungsi Stand Pameran

Seperti yang dipaparkan sebelum, stand memiliki fungsi yang banyak dan cukup vital bagi sebuah perusahaan ataupun bisnis. Fungsi stand diantaranya :
  1. Sebagai arena promosi untuk image sebuah perusahaan
  2. Untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen
  3. Berfungsi sebagai perwakilan perusahaan
  4. Berfungsi untuk sarana branding perusahaan
Stand dapat membangun image perusahaan ataupun produk, sehingga produk yang ditawarkan dapat ikut serta memiliki image yang baik dan berbeda dengan barang atau jasa lainnya.
Selain itu, stand merupakan  wadah untuk konsumen untuk lebih mengenal produk yang ditawarkan.

Tips Dekorasi Stand Pameran Sederhana dan Menarik

Untuk menciptakan dekorasi stand pameran yang sederhana tetapi tetap dapat menarik para pengunjung diperlukan beberapa hal diantaranya:

1. Gunakan Warna yang Sesuai dengan Produk yang Ditawarkan

umkm-stand pameran sederhana

Tips dekorasi stand pameran sederhana – Warna merupakan salah satu bentuk dari branding suatu produk, merk ataupun perusahaan. Saat akan membuat stand, selain menggunakan warna-warna yang menarik dan juga tetap memperhatikan warna yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Padu-padankan warna sehingga terlihat apik. Jangan menggunakan warna-warna yang tidak cocok dipadu-padankan, karena akan melemahkan citra produk anda. Warna-warna gelap juga dapat menjadi alternatif untuk memberikan kesan angker pada stand.

2. Buatlah Tulisan dan Gambar Backdrop yang Menarik

dekorasi pameran stand sederhana

Tips dekorasi stand pameran sederhana – Menambah tulisan yang menarik pada stand dapat membuat pengunjung ingin melirik bahkan mampir ke stand Anda. Tulisan yang menarik dapat berupa info diskon, kalimat humor ataupun kalimat gaul yang singkat. Tulisan tersebut dapat menarik perhatian pengunjung dan penasaran terhadap produk yang ditawarkan.

Jika Anda memiliki budget yang terbatas dan ingin membuat dekorasi stand pameran sederhana, Anda tetap bisa membuat tulisan menarik yang dibuat sendiri dengan menggunakan styrofoam ataupun kardus yang dicat warna – warni.

Dapat juga menuangkan kreativitas dengan menganggap backdrop booth sebagai kanvas lukisan. Pertimbangkan juga mengenai desain backdrop yang dapat Anda print di tempat percetakan, hal ini membuat pekerjaan anda lebih cepat dan rapi.

3. Buat Dekorasi yang Tidak Biasa (Unik)

kargoku.id - dekorasi stand pameran sederhana
Dekorasi yang Menarik – pinterest.com

Tips dekorasi stand pameran sederhana – Dekorasi yang unik akan membuat rasa penasaran pengunjung untuk melihat stand. Stand dapat ditambahkan aksesoris seperti tirai, pernak-pernik unik ataupun lampu gantung.

Dekorasi disesuaikan dengan tema yang akan diangkat. Jika stand mengangkat tema simpel dan compact, dekorasi disesuaikan sehingga pernak-pernik tidak terlalu banyak dan simpel.

4. Tambahkan Kursi yang Nyaman

kargoku.id - dekorasi stand pameran sederhana
pinterest.com

Tips dekorasi stand pameran sederhana – Tidak semua pengunjung akan langsung ingin membeli produk Anda.

Beberapa dari pengunjung baru merasa tertarik dengan stand Anda ataupun produk Anda saat mendapatkan kesan pertama dari stand.

Dibutuhkan waktu lebih lama dan koresponden lebih banyak untuk pengunjung menyukai produk yang ditampilkan.

Meletakkan kursi yang nyaman, mendorong pengunjung untuk mampir ke stand Anda.

Kursi yang nyaman membuat pengunjung yang datang ke stand nyaman untuk menanyakan lebih jelas mengenai produk Anda.

5. Perhatikan Pencahayaan

kargoku.id - dekorasi stand pameran sederhana
Pencahayaan Stand – pinterest.com

Tips dekorasi stand pameran sederhana – Perhatikan pencahayaan yang ada di stand. Jika pencahayaan dari sinar matahari tidak cukup, dapat diberikan pencahayaan berupa lampu yang mengarah ke produk yang ditampikan di stand.

Perhitungkan jumlah lampu yang dibutuhkan pada stand dan perhatikan juga tata letak pencahayaan agar menarik.

Jangan terlalu berlebih menggunakan pencahayaan karena selain silau di mata, pencahayaan yang berlebih akan menimbulkan kesan ‘panas’. Gunakan beberapa lampu secara efektif untuk menyoroti bagian utama stand.

5. Pendingin Udara dapat Menambah Kenyamanan

Jika Anda memiliki budget lebih untuk membuat stand , tambahkan pendingin udara agar membuat pengunjung nyaman untuk mampir ke stand.

6. Tanaman Hijau dapat Memberikan Kesan Sejuk

kargoku.id - dekorasi stand pameran sederhana
Kesan Segar dengan Tanaman Hijau – pinterest.com

Tidak ada yang salah dengan menambahkan tanaman hijau pada stand. Tanaman hijau akan memberikan kesan sejuk dan ramah terhadap lingkungan.

Perhatikan tata letak tanaman dengan tema stand yang ditampilkan.

Meskipun Anda membuat dekorasi stand pameran sederhana , tidak ada salahnya menaruh sentuhan ‘hijau’ agar stand terlihat lebih apik.

7. Sediakan Video Promo

kargoku.id - dekorasi stand pameran sederhana
Video Promo

Video promo merupakan salah satu visualisasi dari penjelasan mengenai suatu produk. Pesan visual dapat menunjukkan produk Anda tanpa memberitahu orang-orang tentang produk tersebut.

Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk membuat justifikasi sendiri tanpa adanya tekanan perasaan dari bisnis Anda.

Alasan mengapa video lebih diutamakan daripada bentuk teks yaitu karena 90% dari informasi yang terkirim ke otak adalah visual.

Pesan dalam bentuk visual dapat diproses 60.000 kali lebih cepat di otak dibandingkan dengan teks. Hal ini membuktikan mengapa visual lebih menarik daripada hanya sekedar teks.

8. Sediakan Musik

Dekorasi stand pameran sederhana tetap harus dibuat dengan semenarik mungkin. Tambahkan musik yang membuat pengunjung melirik stand Anda. Musik bisa disesuaikan dengan tema pameran dan produk yang ditampilkan. Jangan memasang musik terlalu keras dan memiliki beat yang kencang karena menyulitkan pengunjung untuk berkomunikasi dengan Anda.

Baca juga : Artikel yang berhubungan dengan desain kemasan untuk produk makanan.

Related posts

Leave a Comment