UMKM – Ide Bisnis Rumahan Air Minum Isi Ulang

Ide Bisnis Rumahan dan UMKM - bisnis rumahan air minum isi ulang

KARGOKU – Ide Bisnis Rumahan – UMKM

Ide Bisnis Rumahan dan UMKM – Bisnis Rumahan Air Minum Isi Ulang – Mengelola bisnis sendiri tidak selalu mudah , namun jika jeli melihat peluang dan dipelajari terus menerus, tentu akan membuahkan hasil. Salah satu ide bisnis rumahan yang memiliki peluang untuk sukses apabila dijalankan dengan baik adalah bisnis rumahan air minum isi ulang.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai analisa bisnis rumahan air minum isi ulang serta tips bisnis yang dapat Anda terapkan.

Pentingnya Air dalam Kehidupan

Air sangat bermanfaat bagi kehidupan. Untuk memahami pentingnya air minum, sekilas tentang komposisi air dalam organ tubuh kita yaitu;
83% darah terdiri dari air,
75% otot manusia terdiri dari air,
74% otak manusia terdiri dari air,
22% bagian tulang pun terdiri atas air/cairan.

Dalam konteks bisnis, air yang kita bahas terfokus pada air minum. Air minum dapat dipahami sebagai air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan telah memenuhi syarat kesehatan dan dapat atau layak untuk langsung diminum.

Sekilas Mengenai Persyaratan Air Minum Yang Layak

Persyaratan Fisik air yang berkualitas antara lain adalah

  • Jernih
  • Tidak berwarna
  • Tawar
  • Tidak Berbau
  • Suhunya normal ketika melewati pipa.

Persyaratan kimia. Syarat kimia air minum yang harus diperhatikan antara lain

  • Kandungan pH atau derajat keasaman yang sesuai.
  • Kandungan mineral dan unsur- unsur kimia lainnya yang berada dalam batas maksimal.
  • Terbebas dari mikrobiologi yang dapat mendatangkan kuman dan bakteri.

Syarat air minum yang layak dikonsumsi oleh manusia adalah air bersih yang sesuai dengan persyaratan Kementerian Kesehatan. Dan air bersih yang diupayakan BPPSPAM yang bekerjasama dengan PDAM sudah layak konsumsi, karena sudah memenuhi syarat-syarat tersebut. Akan tetapi permintaan untuk air minum isi ulang juga terus mengalami peningkatan.

Bisnis Rumahan Air Minum Isi Ulang

Bisnis rumahan air minum isi ulang merupakan bisnis rumahan yang anti badai. Tentunya ada beberapa alasan mengapa dikatakan demikian. Berikut alasan yang dapat kita amati bersama.

  • Air merupakan kebutuhan primer.
  • Air minum yang layak konsumsi semakin sulit diperoleh.
  • Alasan kepraktisan kehidupan yang serba cepat, tidak perlu memasak.
  • Semakin banyak manusia di suatu titik lokasi, maka kebutuhan air akan semakin meningkat.
  • Berjangka panjang

Memulai Bisnis Rumahan Air Isi Ulang

Carilah Partner Distributor Depo Air Minum Isi Ulang. Anda dapat mencari melalui internet atau melalui kenalan dari mereka yang melakukan usaha serupa, usahakan mencari distributor partner yang rekomendasinya baik.

Pelajari dengan seksama tahapan-tahapan yang menyangkut hal-hal teknikal seperti reverse osmosis system. Teknis haruslah baik, hal ini tidak bisa ditawar-tawar. Dari sini akan muncul biaya untuk operasionalnya yang dapat Anda kalkulasikan.

Tentukan lokasi yang tepat. Anda dapat memulainya dari rumah namun juga dapat memperhatikan segmentasi pasar seperti lokasi yang padat akan mobilitas. Contohnya, proyek-proyek pembangunan jalan, gedung, atau produksi lainnya.

Peroleh izin dari Dinas Kesehatan. Dengan bergabung bersama partner distributor depo air minum, umumnya akan membantu Anda untuk memperoleh izin dari Dinas Kesehatan.

Marketing dan Promosi. Seperti bisnis pada umumnya, Anda berada pada supply side dan perlu memikirkan distribusi hingga ke demand, dalam hal ini konsumen yang menjadi target pasar Anda. Pertimbangkan desain kemasan yang baik serta marketing item lainnya seperti brosur dan program promosi untuk meningkatkan awareness masyarakat yang menjadi target konsumen Anda.

Selamat mempelajari lebih lanjut! Baca juga Pengertian UMKM  dan artikel UMKM lainnya.

 

Related posts

Leave a Comment