Istilah Umum Logistik, Mengenal Lebih Jauh Tentang Logistik

istilah umum logistik

KARGOKU – LOGISTIK

Artikel dan Berita Logistik – Istilah Umum Logistik – Dasar-Dasar Logistik – Saat ini sudah banyak orang yang melakukan pembelanjaan secara online dan tidak sedikit pedagang yang menjual barang dari luar negeri.

Semua kegiatan itu dapat dilakukan karena jasa perusahaan logistik. Anda mungkin sering melihat mobil-mobil besar pembawa barang yang di belakang nama perusahaannya tertera kata logistik.

Logistik adalah salah satu kegiatan penyaluran terhadap suatu barang. Karena itulah logistik tidak dapat dipisahkan dari barang-barang.

Salah satu hal yang paling krusial dari logistik adalah menciptakan efisiensi dalam mengatur siklus agar memberikan hasil yang memuaskan.

Selain barang dan efisiensi, apa saja hal-hal yang terkait dengan logistik? Berikut ini akan dibahas beberapa istilah umum logistik yang merupakan dasar-dasar logistik.

Istilah umum logistik

1. Inventory Management

Sistem ini dapat memberikan gambaran tentang kinerja suatu perusahaan. Sistem inventori ini memiliki fungsi penting karena dapat membuat perusahaan bangkrut apabila tidak mampu mengatur sistem ini dengan baik.

Dead stock dapat muncul apabila rentannya peningkatan jumlah inventori perusahaan. Seperti pada contoh sepeda Federal yang menjual seluruh asetnya karena memiliki dead stock yang banyak.

2. Purchasing

Masih merupakan bagian dari logistik, pemasokan barang memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja pemasok yang melalui purchasing department.

Kecakapan seorang purchaser akan mendatangkan efek kepada sistem logistik perusahaan. Jika memilih supplier yang cara kerjanya tidak terstruktur dan tidak profesional seperti barang yang dikirim cacat maka secara otomatis sistem logistik akan kacau.

Hal ini membuat pesanan klien tidak terpenuhi, pada gilirannya mengakibatkan keuntungan pada perusahaan akan menurun.

3. Transportasi Dan Distribusi

Istilah umum logistik berikutnya adalah Transportasi dan distribusi. Di sini transportasi dan distribusi merupakan bagian utama dalam logistik. Armada yang digunakan akan berpengaruh pada kecepatan dan ketepatan. Di mana keduanya merupakan alat ukur penting dalam sektor logistik. Bagaimana pasokan barang dapat tiba ke tempat yang dituju sesuai dengan order.

Terdapat beberapa hal yang memberikan pengaruh, seperti kualitas transportasi dan juga ketepatan dalam menentukan biaya transportasi. Semua ini akan memberikan pengaruh terhadap kinerja sistem logistik.

4. Warehousing

Dasar-dasar logistik yang berikutnya adalah warehousing. Ini adalah salah satu bagian kecil dalam logistik yang lebih dikenal juga dengan istilah pergudangan. Di dalamnya termasuk sistem penyimpanan, perakitan, dan packaging.

Baca juga Pengertian Logistik Secara Umum.

Related posts

Leave a Comment