Kantin Sekolah – Tips Jualan dan Aneka Jenis Menu Jajanan

buah - kantin sekolah - umkm

Aneka Menu Kantin Sekolah yang Gampang Laku

UMKM – Aneka Menu Kantin Sekolah yang Gampang Laku

Mempunyai usaha di kantin sekolah merupakan bisnis yang menguntungkan. Apalagi untuk lokasi yang memang seperti kantin sekolah, usaha makanan benar-benar terbilang stabil. Jelas saja, karena makanan merupakan kebutuhan pokok sehingga segmen pasarnya jelas dan konsumen nya tetap.

Namun apakah anda masih bingung, menentukan jenis makanan apa yang bisa di jual di kantin sekolah.

Tidak usah khawatir, karena banyak pilihan menu yang ditawarkan. Simak macam – macam jenis menu yang bisa anda jual di kantin sekolah.

Sosis & Bakso Bakar / Goreng

sosis bakar kantin sekolah - umkm

Menu Sosis dan bakso bakar ini cukup simpel dan sangat pas untuk dijual di kantin sekolah, karna bahan dasar yang diperlukan hanya sosis dan bakso bakar, di pasar sudah tersedia banyak dengan berbagai macam merk.

Dan bahan tambahan yang diperlukan selanjutnya yaitu, mentega, saus dan kecap. Untuk menambah rasa anda bisa meracik sendiri bumbu sausnya dengan cara menggiling cabai, bawang merah, garam royko setelah itu hanya tinggal menggoreng bumbu yang diolah.

Cara menyajikannya cukup mudah, olah bumbu racikan anda dengan mentega setelah itu dibakar, hanya terdapat perbedaan cara jika digoreng, bumbu diolesi setelah menggorengnya.

Nasi Uduk / Nasi Kuning

nasi kuning kantin sekolah

Nasi uduk dan nasi kuning juga merupakan pilihan yang tepat untuk di jual di kantin sekolah. Sebab nasi adalah makanan berat, dan biasanya anak sekolah tidak menyantap sarapan paginya di rumah, sehingga terasa lapar ketika di sekolah. Biasanya nasi uduk dan nasi kuning disajikan bersama telur, tempe, bihun dan sambal.

Nasi Goreng dan Mie Goreng

mi goreng kantin sekolah umkm

Selain makanan berat selain nasi uduk dan nasi kuning yang bisa anda buat adalah menu nasi goreng atau mie goreng, Karena ada kalanya konsumen merasa bosan dengan pilihan menu yang itu – itu saja yang tersedia di menu kantin sekolah.

Bahan – bahan yang disediakan juga termasuk cukup sederhana, anda hanya perlu menyiapkan nasi, minyak goreng dan kecap. Setelah nasi masak anda hanya tinggal menggorengnya saja. Lalu di bungkus sesuai dengan takaran yang pas per porsinya. Lalu disediakan di kantin sekolah.

Seblak

seblak jajajan kantin sekolah - umkm

Makanan jenis seblak ini lumayan banyak diminati apalagi untuk kalangan muda dan anda bisa menjual menu kantin sekolah ini di tempat anda usaha. Bagi sebagian orang yang menyukai pedas, pasti akan sering membeli makanan seblak.

Seblak bahkan sudah menjadi trend dimana – mana karna makanan ini cukup unik dengan komposisi bahan – bahan antara lain, kerupuk, sosis, bakso, sawi putih dll.

Dan anda bisa mengatur komposisi seblak sesuai kreasi yang akan anda jual. Ada berbagai macam pilihan yang biasanya ditawarkan, antara lain seblak ayam, seblak sosis, seblak bakso, seblak ayam, dan seblak ceker.

Macaroni Schotel

Macaroni Schotel - kantin sekolah - umkm
cookpad.com

Untuk jenis makan yang satu ini memang memerlukan panggangan untuk dalam proses pembuatannya, tetapi, karena cita rasa yang begitu, menggoda macaroni scottle juga banyak diminati.

Terbuat dari campuran bahan susu, daging giling, tepung dan lainnya biasanya disediakan dengan mangkuk yang berukuran sedang.

Indomie Telur

Menu kantin sekolah yang satu ini jangan sampai terlewat, karna banyak sekali yang menggemarinya, bahan dasar nya juga mudah diperoleh, hanya sediakan banyak rasa indomie, karena selera orang berbeda beda.

Memang cara yang tepat untuk menyajikannya adalah memasaknya secara langsung ketika ada pelanggan yang hendak membelinya di kantin sekolah, tidak bisa dimasak terlebih dahulu di rumah.

Gorengan

gorengan - kantin sekolah - umkm

Gorengan juga merupakan pilihan yang tepat, karena proses pembuatannya cukup sederhana dan disukai oleh siapa saja karena rasanya yang gurih, apalagi jika disediakan selagi hangat di kantin sekolah pada jam istirahat.

Biasanya gorengan disediakan juga bersama lontong isi sebagai makanan pelengkapnya, namun, bisa juga tidak, dan bahan-bahan yang biasanya digoreng ada tahu, tempe, bakwan, ubi,  banyak yang lainnya.

Telur Gulung

telur gulung - kantin sekolah - umkm
cookpad.com

Keberadaan telur gulung juga sudah ada sejak lama, hanya jarang sekali yang menjualnya selain pedagang-pedagang pinggiran yang biasanya terdapat sekolah.

Menu yang satu ini bisa anda coba jual di kantin sekolah, karena telur gulung juga banyak diminati anak-anak sekolah.

Puding , Agar – agar , Buah -buahan

buah - kantin sekolah - umkm

Kalau tadi sudah di jelaskan beberapa menu makanan berat yang bisa dijual di kantin sekolah, sekarang beralih pada hidangan pencuci mulutnya.

Puding dan agar – agar juga termasuk menu yang bisa bertahan lama, anda bisa mengolahnya pudding / Jelli dari rumah dan menyiapkannya di kantin sekolah.

Atau bisa juga buah-buahan yang sudah dipotong-potong, selain menarik, mungkin ini adalah yang paling sehat untuk jajanan di kantin sekolah.

Tips Jualan aneka makanan agar laku di kantin sekolah :

Jual dengan harga yang terjangkau, orang akan lebih menyukai makanan yang membuat kenyang tapi murah. Karena sedang berjualan di kantin sekolah, otomatis konsumennya anak – anak sekolah tersebut, dan biasanya juga uang jajan terbatas.

Jadi jika mematok harga yang terlalu tinggi, bisa jarang peminatnya, anda bisa terlebih dahulu membuat takaran perposi nya dengan jumlah modal nya, setelah itu baru tentukan harga yang pas.

Sajikan makanan tersebut selagi hangat alias Fresh From The Oven. Karena sering kali pelanggan tidak meminati makanan yang sudah dingin ataupun gorengan yang sudah di goreng 2 x. Untuk makanan jenis gorengan, disarankan menggorengnya 1 jam sebelum istirahat.

Memperhatikan kebersihan, menjaga kualitas makanan yang anda jual di kantin sekolah juga merupakan suatu hal yang wajib anda lakukan. Caranya, anda bisa menutup makanan yang dihidangkan dengan kain atau koran agar tidak dihinggapi lalat atau serangga. Bisa juga menggunakan etalase kaca.

Perhatikan cuaca, memantau cuaca juga perlu, untuk menentukan menu apa yang hendak disediakan di kantin sekolah. Misal cuacanya panas, sajikan banyak menu yang dingin ( untuk minuman atau makanan penutup ) jika cuaca sedang dingin, bisa lebih banyak menyiapkan makanan yang hangat dan berkuah.

Baca juga artikel kue kekinian

 

Related posts

Leave a Comment