Kapal Selam Indonesia, Penjaga Laut Nusantara

kapal selam indonesia terbaru KRI Nagapasa 403

Kargoku – Logistik

Artikel dan Berita Logistik –  Kapal Selam Indonesia.

Topik yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu bentuk armada laut yang mempunyai fokus untuk pertahanan yaitu kapal selam.

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki pulau terbanyak di dunia sehingga angkutan laut sangat dibutuhkan untuk jalur transportasi bagi barang dan manusia.

Melihat kemampuannya untuk bergerak di bawah permukaan air, kapal selam umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer (Wikipedia). Kapal selam Indonesia yang bertujuan untuk melindungi area maritim sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh TNI AL Republik Indonesia.

Untuk kapal selam Indonesia sendiri, selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

Jika dilihat perbandingan kepemilikan kapal selam, negara kita berada di bawah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura.

Sekedar catatan, Singapura dengan luas wilayah dan area maritim yang relatif lebih kecil dari Indonesia, ternyata mempunyai jumlah kapal selam sebanyak 6 armada.

Hal ini tentu menjadi catatan, pasalnya sebagai negara maritim, kapal selam Indonesia yang hanya berjumlah total 5 armada dimana salah satunya sedang dalam pembuatan, sehingga saat ini praktis kapal selam Indonesia yang aktif berjumlah 4 armada saja.

Namun banyak juga analisa yang mengungkapkan bahwa informasi-informasi detail armada-armada senyap ini sengaja dirahasiakan demi faktor pertahanan dan keamanan.

Jenis Kapal Selam Indonesia

Adapun jenis kapal selam Indonesia saat ini antara lain:

3 kapal selam kelas changbogo yang dipesan dari Korea Selatan yang termasuk kategori baru.

2 kapal selam KRI Cakra dan KRI Nanggala. Kapal selam ini termasuk kategori “tua” yang dibuat di jerman pada tahun 1981, berumur 35 tahun!

kapal selam Indonesia KRI cakra 401
kapal selam Indonesia KRI cakra 401

Penampakan KRI cakra 401- Sebenarnya kapal selam tua tetap bisa beroperasi dengan aman dan bahkan itu juga ada di Amerika Serikat. Jadi sebenarnya tidak terlalu masalah asal terawat dengan baik.

 

kapal selam indonesia KRI nanggala 402
kapal selam indonesia KRI nanggala 402

Penampakan sepupu KRI Cakra 401 yaitu KRI Nanggala 402. Melihat fakta tersebut KRI Nenggala dan KRI Cakra masih bisa dibilang normal jika masih terus beroperasi. Hanya saja butuh dana besar untuk meng-upgrade sistem kapal selam agar tetap mengimbangi tingkat ancaman.

Untuk kapal selam Indonesia yang terbaru dari kelas changbogo sesungguhnya juga buatan Jerman. Korea Selatan merakit dan mengembangkannya lebih baik lagi di bawah lisensi dari Type 209-1200 Jerman.

Berikut ini penampakan kapal selam pesanan terbaru yang diberi nama KRI Nagapasa 403.

kapal selam Indonesia KRI Nagapasa 403
kapal selam Indonesia KRI Nagapasa 403 (detik.com)

Kapal selam yang dipesan Indonesia dari Korea Selatan ini juga tidak serta merta asal beli jadi. Kapal selam KRI Nagapasa-403 merupakan hasil pengembangan Transfer of Technology (ToT) bersama Korea Selatan.

Insinyur-insinyur PT PAL juga dikirim ke Korea Selatan dalam rangka transfer teknologi, berbeda hal nya dengan Rusia yang dahulu sempat menawarkan kapal selam jenis Kilo namun menolak untuk melakukan transfer of technology.

KRI Nagapasa 403 terbaru rencananya akan tiba di Indonesia akhir Agustus 2017 ini. Saat ini sudah bertolak dari Korea Selatan menuju Indonesia. KRI Nagapasa 403 rencananya juga akan dilengkapi sejata torpedo dari Italia.

kapal selam indonesia

Angkatan Laut Indonesia memiliki perencanaan untuk menjaga laut nusantara hingga 12 kapal selam pada tahun 2024, selain itu Angkatan laut kemungkinan juga akan diperkuat dengan mengkombinasikan kapal selam mini.

 

Demikianlah artikel mengenai kapal selam Indonesia , selamat datang naga-naga baru penjaga laut nusantara!

Baca juga artikel tentang Pelabuhan Belawan.

Related posts

Leave a Comment