Kemasan Keripik yang Baik dengan Desain yang Menarik

kemasan keripik

Kemasan Keripik

UMKM – Kemasan Keripik.

Segala bentuk kemasan produk olahan makanan tentunya akan menunjang kualitas dari sebuah produk. Dengan begitu pastinya Anda memerlukan sebuah pengetahuan dan metode – metode khusus yang bisa menjadi strategi pemasaran baik dari segi tampilan dan juga kualitas kemasan keripik yang baik.

Ulasan berikut ini akan membantu anda menentukan seberapa layak kemasan keripik, tentunya dengan memperhatikan aspek – aspek yang berlaku.

Beberapa jenis kemasan produk

Kemasan Primer (consumer pack)

Kemasan primer adalah jenis kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk, biasanya ukuran relatif kecil.

Sebagai contoh kemasan makanan ringan atau snack, gelas plastik (cup), sachet deterjen, sachet kecap, sachet saos tomat, sachet untuk sampo, bungkus plastik mie instant, dan lain-lain.

Kemasan Sekunder (transport pack)

Kemasan sekunder maksudnya adalah kemasan kedua yang isinya merupakan sejumlah kemasan primer. Jenis kemasan ini tidak langsung berhubungan/kontak dengan produk yang dikemas.

Sebagai contoh kemasan karton atau kardus mie instant, kemasan karton atau kardus air mineral dalam kemasan dan lain-lain.

Kemasan Tersier

Kemasan tersier adalah kemasan ketiga yang isinya merupakan sejumlah kemasan sekunder. Kemasan ini berfungsi pada saat shipping, baik untuk pengiriman lokal, antar pulau atau antar negara.

Memiliki syarat seperti tahan benturan, tahan cuaca dan berkapasitas besar. Misalnya saja kotak karton bergelombang.

Kemasan produk makanan

Setiap produsen dapat memiliki kemasan dengan material yang beragam dan memang sebagai sebuah brand, mereka akan tetap berinovasi tanpa henti pada kemasan untuk menjaga kualitas produknya.

Bahan kemasan yang lentur atau fleksibel biasanya terbuat plastik, kertas, multilayer, nilon/vacum, aluminium foil dan metalized. Penggunaan bahan-bahan kemasan ini disesuaikan dengan karakteristik produk.

Untuk produk semi basah seperti sosis, nuget, bakso, bandeng presto dan lain dapat menggunakan kemasan berbahan nylon/vacum.

Kemasan berbahan nylon/vacum memiliki dua lapisan yaitu lapisan pelindung udara atau sinar dan lapisan dalam (PE) sebagai pembungkus dan seal.

Kemasan Keripik

Sedangkan untuk produk makanan ringan/snack yang sifatnya seperti keripik pisang, keripik buah, keripik singkong, amplang, dan lainnya biasanya menggunakan bahan aluminium foil atau metalized.

Kemasan keripik yang baik tersebut memiliki multilayer atau terdiri dari beberapa lapisan. Apa saja lapisan kemasan keripik tersebut:

Pada bagian dalam terdapat polymer material yang bernama Biaxially Oriented Polypropylene (BOPP).

Sedangkan untuk lapisan bagian tengah ada yang bernama low-density polyethylene (LDPE).

Dan di lapisan luar bernama Surlyn®, sebuah thermoplastic resin.

Secara spesifik fungsi dari lapisan-lapisan yang disebutkan tadi adalah sebagai berikut:

BOPP berfungsi menjaga produk dari kondisi lembap, selain itu juga material ini tahan terhadap minyak dan lemak.

Pada lapisan LDPE berfungsi sebagai pelindung udara, cahaya, oksigen atau gas lainnya.

Sedangkan lapisan terluar berfungsi sebagai pembungkus yang terkuat namun tetap fleksibel.

Nitrogen Flushing

Jika Anda menginginkan pouch untuk kemasan keripik, pastikan Anda berbicara dengan pihak pembuat packaging tentang proses yang disebut nitrogen flushing.

nitrogen flushing kemasan keripik
nitrogen flushing

Dalam proses ini, kemasan keripik Anda akan diisi dengan nitrogen sehingga mereka bisa tetap aman. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memperhatikan soal nitrogen flushing:

Nitrogen membuat keripik Anda aman dari oksigen. Anda mungkin tidak tahu hal ini, tapi oksigen adalah alasan nomor satu di balik pembusukan produk makanan.

Bila kantong kantong kemasan keripik penuh dengan nitrogen, Anda bisa mendeteksi kebocoran dengan mudah.

Nitrogen menciptakan semacam bantalan di sekitar keripik sehingga tidak mudah remuk. Pengisian nitrogen penting untuk cemilan yang rapuh sehingga bisa tetap utuh. Pelanggan Anda ingin membeli keripik, bukan remah-remah keripik bukan?

 

Fungsi umum dari kemasan sebuah produk makanan.

Secara singkat, fungsi umum dari kemasan produk makanan adalah sebagai berikut:

Perlindungan produk dari benturan, pengaruh cuaca, suhu, tumpukan, zat berbahaya dan sebagainya.

Pembeda atau diferensiasi produk

Upaya ini dilakukan agar meningkatkan brand awareness produk di antara sekian banyak brand makanan ringan yang berjejer di rak – rak penjualan.

Desain Kemasan Keripik yang Menarik

Desain Kemasan Keripik dapat berfungsi sebagai Brand Knowledge atau pengetahuan produk dan juga Brand Image atau citra produk Anda.

Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan bukan hanya soal menarik atau tidak sebuah desain menurut ego Anda, tapi selalu berpikirlah dari sudut pandang konsumen Anda.

Desain yang baik tidak boleh lepas dari prinsip-prinsip seperti kemudahan tingkat keterbacaan, kemudahan pengenalan dan pemahaman produk serta simbol-simbol atau warna yang mudah diingat.

Berikut ini adalah contoh desain kemasan keripik yang digarap serius dari salah satu produsen keripik terbaik di dunia yang dapat Anda pelajari.

Lay’s Global Campaign

kemasan keripik - umkm

Lihat bagaimana Lay’s memikirkan logo dan sebutannya dari sudut pandang konsumennya secara global. Meskipun berbeda penyebutan, namun ada benang merah yang dapat kita lihat dari logo masterbrandnya.

Konsistensi ini merupakan janji kualitas produk Lay’s dimanapun konsumennya berada tanpa lupa akan kultur masing-masing negara.

desain kemasan keripik lays desain kemasan keripik laysdesain kemasan keripik laysdesain kemasan keripik lays

Konsistensi juga tidak hanya dari logo, tapi juga fotografi produk yang akan tampil di kemasan. Meskipun berbeda warna dan varian rasa, namun Anda dapat melihat bahwa suhu warna dan layout kentangnya pada kemasan Lay’s akan konsisten.

Sabritas adalah branding name yang digunakan Frito Lay’s di Meksiko.

Maxx

Maxx adalah salah satu produk turunan dari Lay’s. Perbedaannya terletak pada target konsumennya. Maxx ditujukan bagi konsumen muda yang menginginkan produk keripik yang lebih tebal. Anda akan melihat bagaimana formula desain yang sama diterapkan pada produk ini.

maxx logo - desain kemasan keripik

Logo dan elemen visual dari keripik Maxx.

maxx photo - desain kemasan keripik - umkm

Fotografi produk pada keripik maxx kembali menampilkan konsistensinya baik dari jumlah gelombang, suhu warna dan posisinya.

maxx product - desain kemasan keripik

Tampilan desain kemasan keripik Maxx sebagai produk turunan dari Lay’s.

Setelah memperhatikan cara mendesain kemasan keripik yang baik, selanjutnya Anda dapat terapkan pada jenis-jenis kemasan keripik yang umumnya sudah ditentukan ukurannya.

Apa tidak terbalik? Itu terserah Anda sendiri bagaimana menarik kesimpulannya. Menurut kami, desain yang baik tentu harus dapat diterapkan di media apapun.

Sehingga pemahaman desain yang baik jauh lebih penting daripada memilih jenis kemasan yang umumnya hanya tinggal soal skala. Berikut ini berbagai jenis kemasan produk makanan yang umum tersedia di pasaran.

jenis kemasan keripik

Bagaimana? Siap mengangkat value produk anda dengan kemasan keripik yang baik dan desain yang menarik? Tetap semangat berwirausaha!

Baca artikel tentang PIRT.

Related posts

Leave a Comment