Label Makanan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Anda

umkm - label makanan

UMKM – Label Makanan

Ketika sedang menekuni bisnis olahan makanan, label makanan merupakan faktor penting yang menunjang penjualan produk.

Nama atau brand yang dimiliki akan menjadi sebuah ciri khas dan bisa dengan mudah dikenali orang.

Tentunya, di dalam label makanan akan terdapat informasi penting seputar produk, baik itu dari komposisinya ataupun kualitas produknya.

Di dalam label makanan biasanya juga terdapat informasi seputar legalitas produk misalnya seperti logo halal dari MUI beserta Izin dari BPOM.

Label Makanan Untuk Produk Anda

Berikut ini kami sajikan beberapa hal penting dalam pembuatan label untuk produk makanan Anda.

Menentukan nama Brand / Merk anda

Sebuah produk mempunya ciri dan nama yang unik agar dapat dengan mudah dikenali. Tentunya selain unik, sebuah brand harus memiliki pesan yang disampaikan dengan cara yang baik.

Langkah awal sebelum membuat label makanan anda harus menentukan nama apa yang tepat untuk menjadi logo dalam produk makanan anda.

Beberapa ide tentang nama produk bisa berasal dari keunggulan kompetitif produk, kota dimana lokasi produk itu berasal, nama pemilik, atau nama apapun yang mudah diingat.

Mendesign Label Makanan

Tentunya dalam label pembuatan label makanan, dari segi design akan sangat menunjang pemasaran bisnis anda. Jika paduan logo produk makanan anda memiliki ciri khas, maka akan gampang diingat oleh pelanggan.

Desain yang baik adalah desain yang mampu mengangkat nilai jual dari produk itu sendiri. Slogan dan keunggulan-keunggulan produk harus ditampilkan dengan visual yang menarik.

Pastikan anda merancang komunikasi visual yang baik untuk produk makanan Anda. Jangan ragu untuk menggunakan jasa desainer grafis profesional.

Anda dapat membaca artikel tentang desain kemasan keripik yang baik.

Melengkapi legalitas

Dengan melengkapi legalitas dari BPOM, keterangan halal MUI dan surat – surat izin lainya seperti PIRT, maka konsumen akan semakin mempercayai kualitas dari produk yang anda jual.

Memberi Informasi mengenai produsen dan distributor

Menginformasikan kepada pelanggan tentang siapa produsen dan distributor juga merupakan suatu hal yang penting.

Hal ini bertujuan agar konsumen mudah berkomunikasi dengan produsen dan beberapa diantaranya mungkin berniat untuk menjadi agen produk anda.

Menyertakan tanggal kadaluarsa

Konsumen juga perlu mengetahui masa berlaku produk makanan yang anda jual, karena pastinya di setiap produk olahan makanan memiliki batas waktu kadaluarsanya.

Berat Bersih

Lengkapi Label makanan produk anda dengan menyertakan berat bersih karena takaran komposisi yang ada dalam bahan makanan juga mempengaruhi pengambilan keputusan dari konsumen.

Oleh sebab itu terkadang konsumen akan mengecek terlebih dahulu kuantitas produk anda sebelum membelinya.

Daftar komposisi

Hal yang penting lainnya dalam label makanan adalah menyertakan daftar komposisi bahan, agar konsumen tau bahan – bahan apa saja yang ada dalam proses olahan makanan tersebut.

Terlebih bagi para konsumen yang ketat dalam menghitung kalori dan nutrisi dalam sebuah produk. Hal ini juga menjadi menambah trust bagi konsumen terhadap produk makanan yang anda jual

Related posts

Leave a Comment