Tahapan Sederhana Membangun Bisnis Logistik

membangun bisnis logistik

Kargoku – Logistik

Artikel dan Berita Logistik – Tahapan sederhana Membangun bisnis logistik – Perusahaan logistik umumnya menyediakan jasa pengiriman, pengaturan, pengangkutan dan pengiriman produk kepada pelanggan.

Dengan adanya kegiatan ini, perusahaan pabrikan / manufaktur yang ramping memanfaatkan jasa ini untuk mengurangi dana sekaligus meningkatkan efisiensi perusahaan.

Saat ini semakin banyak perusahaan – perusahaan manufaktur yang meningkatkan efisiensi dengan cara tersebut, sehingga menyebabkan murah meminta jasa logistik sendiri.

Dengan adanya hal ini, maka bisnis logistik juga suatu hal yang sangat menggiurkan.

Selain itu perubahannya pada cara bebelanja masyarakat saat ini, karena tidak mau direpotkan dengan macet dan antri saat bayar.

Masyarakat lebih cendrung untuk memilih cara bebelanja online. Dengan demikian wajar jika bisnis ini semakin besar marketnya.

Semakin murah bisnisnya dari tahun ke tahun maka bisnis ini patut kita perhitungkan.

Membangun bisnis logistik

Bagi anda yang ingin membangun bisnis logistik, dibutuhkan beberapa hal yang terkait dengan potensi usaha ini. Apa saja yang harus kita perhatikan untuk menjalankan bisnis ini?

Menentukan jenis layanan

Layanan logistik yang dapat ditawarkan banyak, mulai dari penyimpanan, transportasi darat atau truk, laut & udara, pengiriman paket atau wadah dan manajemen rantai pasokan terintegrasi.

Oleh karena itu bagi yang baru membangun bisnis logistik harus benar – benar bijak dalam menetukan jenis layanan apa yang siap kita tawarkan.

Hal ini dapat didukaung berdasarkan pengalaman / kemampuan anda atau orang kepercayaan anda. Tujuannya agar dapat memberikan keunggulan dibandingkan pesaing.

Mendaftarkan Bisnis

Bagi anda yang baru membangun bisnis logistik, agar bisa bersaing dipasar industri dan memberikan kepercayaan terhadap jasa yang anda tawarkan adalah dengan bisnis dan perusahaan kita.

Pada perusahaan di Indonesia perusahaan logistik dapat bergabung dengan perusahaan perorangan, perusahaan komanditer atau CV, maupun perusahaan terbatas atau PT.

Persiapan Modal

Hal ini penting untuk diperhatikan dalam membuat sebuah bisnis.

Perusahaan logistik yang membutuhkan modal yang cukup besar untuk menjalankan bisninya, karna untuk menjalankan bisni ini harus memiliki fasilitas, kendaraan logistik, teknologi dan peralatan lainnya untuk menunjang agar bisnis dapat berjalan.

Untuk itu kita harus mempersiapkan rencana bisnis yang tersedia model bisnis dan bagaimana dengan keuntungan dan apa saja fasilitas pendukung yang kita butuhkan, dengan tujuan untuk menarik investor agar investasi dan perbankan mau untuk memberikan fasilitas kredit kepada bisnis anda.

Selain itu anda juga harus menjalin kerjasama dengan beberapa mitra yang bisa membantu bisnis anda seperti yang dilakukan ecommerce ternama Tokopedia.

Bagi para penggiat usaha kecil dan menengah, untuk lebih jelas tentang permodalan dapat membaca di bagian UMKM.

Promosi

Tak kenal maka tak jalan, bagaimana kita akan ada pelanggan jika kita tidak melakukan promosi.

Karena melalui promosi semua akan mengetahui bisnis yang kita bangun, dan layanan yang kita berikan kepada pelanggan.

Media iklan bermanfaat untuk melakukan promosi, bisa melalui media internet, surat kabar, dan media lainnya sepeti TV atau Radio.

Teknologi

Jika bisnis yang kita bangun sudah berkembang, tidak salahnya meningkatkan pelayanan dengan menerapkan teknologi supply chain management.

Dengan beban pelayanan, kita akan mudah meningkatkan kontrol atas operasional jasa pengiriman barang.

Semakin nyaman pelanggan dengan pelayanan yang kita pasang otomatis akan berlipat ganda.

 

Baca juga artikel logistik menarik lainnya.

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment