Bisnis Dropship, Tren Baru di Online Bisnis

Bisnis dropship merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Setiap orang bisa mencobanya. Bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis nyaris tanpa modal. Anda sudah pasti pernah mendengarnya bukan?

Bisnis sistem dropship merupakan salah satu bisnis online yang tidak mengharuskan seseorang untuk melakukan stok barang dari supplier. Pelaku dropshipper hanya perlu melakukan promosi secara online misalnya melalui media sosial atau di marketplace. Jika ada pembeli yang tertarik, supplier akan mengirim barang kepada konsumen tersebut atas nama si dropshipper.

Kelebihan Bisnis Dropship

Untuk informasi bagi Anda bahwa bisnis sistem dropship ini memiliki keuntungan yang menjanjikan. Bisnis yang sangat mudah dikerjakan ini bisa dijalankan di mana saja dan kapan saja. Berikut beberapa kelebihan dari bisnis ini.

  1. Tidak perlu menggunakan modal yang besar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Salah satu alasannya adalah tidak dibutuhkan pembelian barang terlebih dahulu untuk stok. Sehingga tidak dibutuhkan juga gudang atau tempat penyimpanan untuk stok tersebut.

  1. Praktis

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh bisnis ini adalah sangat praktis untuk dijalankan. Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu pusing dengan hal memaket barang atau pun melakukan proses pengiriman. Itu semua nantinya akan menjadi tanggung jawab para supplier. Anda juga tidak perlu menjalankan perencanaan yang sangat kompleks dalam menjalankan bisnis ini.

  1. Bisa dikerjakan dimana saja

Kelebihan terakhir dari bisnis ini adalah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Asalkan Anda memiliki laptop ataupun sekedar gadget yang memadai. Anda bahkan bisa menjual produk Anda sembari liburan bersama keluarga atau teman. Anda bisa berhubungan dengan supplier secara online dan tidak bertemu secara langsung. Misalnya saja menggunakan email, whatsapp, bbm, maupun berbagai macam aplikasi chatting lainnya.

Bisnis dengan sistem dropship ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis sendiri. Karena beberapa keuntungan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kekurangan Bisnis Dropship

Namun ada beberapa kekurangan atau kerugian yang perlu dicermati atau diwaspadai, yaitu:

  1. Dropshipper tidak dapat mengetahui posisi stok barang

Dikarenakan posisi semua barang ada di supplier, sehingga Dropshipper tidak bisa mengetahui secara persis jumlah barang maupun jenis barang yang tersedia dari waktu ke waktu.

Antisipasinya, sebaiknya carilah supplier yang bisa memberikan update posisi stok barang secara berkala.

  1. Kondisi barang yang ada

Hal yang kedua adalah, dropshipper tidak bisa mengetahui secara persis apakah barang yang nanti akan dikirimkan ke pelanggan/konsumen benar-benar sesuai dengan apa yang disajikan dalam bentuk gambar di website ataupun brosur.

Antisipasinya, mintalah barang sample atau paling tidak belilah 1-2 barang dari calon supplier tersebut untuk melihat kondisi barang yang sesungguhnya.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis dropship ini? Pelajari lebih lanjut tentang bisnis yang sangat keren ini. Jangan pernah takut mencoba untuk menjalankan atau memulai bisnis. Berusahalah dan ciptakan pengalaman yang baru dalam berbisnis. Siapa tahu Anda akan menjadi pebisnis yang sukses kelak.

 

Baca juga artikel: Fintech adalah Inovasi Terbaru di Era Digital 2017

Related posts

Leave a Comment