Nicholas Kurniawan, Bisnis Ikan Hias Omzet Ratusan Juta

bisnis ikan hias nicholas kurniawan ikan hias - pengusaha sukses

Nicholas Kurniawan

Pengusaha Sukses Bisnis Ikan Hias – Nicholas Kurniawan adalah seorang pelaku bisnis ikan hias handal yang sudah memulai hobi berdagang sejak kecil.

Di balik kisah suksesnya sekarang ternyata Nicholas Kurniawan banyak termotivasi oleh kondisi perekonomiannya yang dulu sempat mengalami kesulitan, termasuk pada pengalamannya saat telat membayar uang sekolah.

Masa-masa pahitnya dulu juga dirasakan ketika ia tidak bisa naik kelas. Dirinya sempat malu dan putus asa namun Nicholas Kurniawan tetap bangkit lagi dan tetap semangat menjalani hidupnya. Hal ini yang memotivasi Nicholas Kurniawan untuk menjadi orang yang sukses.

Sewaktu masa mudanya, ia mencoba segala macam peluang yang ada, dari menjual kue, mainan hingga produk sistem pemasaran berjenjang (MLM) tapi ia hampir selalu akrab dengan kegagalan.

Nicholas Kurniawan sangat bertekad untuk menjadi orang yang sukses dan tidak mempedulikan rasa gengsi, karna baginya, gengsi tidak akan membuatnya sukses.

Pernah suatu ketika, sewaktu dirinya duduk di bangku SMA, Nicholas Kurniawan mendapat hadiah dari seorang temannya, hadiah itu berupa ikan Garra Rufa.

Ikan ini biasa dipakai untuk terapi pembersihan kulit, merasa tidak begitu menyukainya, lalu ia berpikir untuk menjual ikan tersebut.

Nicho menjualnya melalui Forum Jual Beli Kaskus, ternyata ikan tersebut laku dengan cepat. Melihat minat masyarakat yang tinggi, ia lalu mulai serius mencari supplier ikan hias. Bakat dagangnya terasah dengan sendirinya.

Melalui berdagang bisnis ikan hias, Nicholas yang saat itu masih duduk di bangku kelas 2 SMA sudah bisa memperoleh penghasilannya sendiri.

Ia bisa menjual seribu ekor berbagai macam jenis ikan hias ke negara Singapura, Thailand, Taiwan, Hong Kong, hingga ke Eropa seperti Inggris, Yunani, dan Belanda.

Nicholas memutuskan untuk fokus pada bisnis ikan hias. Dirinya melanjutkan studinya di Prasetiya Mulya Business School, mengambil jurusan pemasaran.

Startup Bisnis Ikan Hias

Awal mula pergerakan bisnisnya, Nicholas Kurniawan menjalin jaringan dengan beberapa toko ikan hias. Ia kemudian memperkenalkan diri, salah satu caranya adalah dengan mengirim proposal bisnisnya

“Awalnya mereka tidak langsung percaya. Saya buat proposal, saya kirim ke 100 orang, yang respons hanya 10. Dari 10, yang jadi belum tentu satu” jawabnya ketika diwawancarai oleh salah satu media online (swa.co.id)

Nicholas Kurniawan juga membuat situs web-nya dengan alamat www.tropicalfish-indonesia.com. Dalam pemasarananya melalui internet, ia melakukan beberapa cara termasuk dalam meriset kata kunci yang kerap dipakai para pemburu ikan hias dari dalam maupun luar negeri.

Dan akhirnya menemukan nama yang tepat untuk dijadikan alamat situs bisnis ikan hias miliknya. Usahanya kini bernaung dalam nama Venus Aquatics yang juga sudah merambah dalam segi perawatan ikan hias serta dekorasi aquarium.

Beberapa penggemar ikan hias yang berada di luar negeri sering menggunakan kata “Tropical Fish” dalam bahasa Indonesianya adalah “Ikan Tropis” ketika sedang browsing dalam buruannya mencari ikan hias.

Seiring waktu berjalan, ia mendapatkan kepercayaan dari beberapa toko ikan hias karena kualitas dari produk yang Nicholas tawarkan.

Kini Nicho mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah dari bisnis ikan hias tersebut. Ambisinya saat ini adalah ingin memperlebar bisnis ikan hias miliknya hingga rencana membuat pusat penangkaran ikan yang lebih besar dan memperluas jaringannya di pasar international.

Perkembangan bisnis ikan hias-nya meluas, Nicholas Kurniawan sudah mulai memasok ikan-ikan ke sejumlah penangkar di pulau Jawa, Kalimantan sampai Papua.

 

Baca juga kisah sukses Benni Subianto

Related posts

Leave a Comment