7 Strategi Pemasaran Jasa Terbaru

strategi pemasaran jasa

7 Strategi Pemasaran Jasa Terbaru-Artikel Bisnis.

Jika Anda mendirikan suatu usaha atau bisnis yang menawarkan jasa, maka Anda memerlukan informasi mengenai Strategi Pemasaran Jasa.

Karena Bisnis Jasa mulai  berkembang dengan pesat, sehingga Anda memerlukan Strategi Pemasaran Jasa, demi melancarkan Bisnis Jasa Anda.

Yang perlu diperhatikan  adalah bahwa Strategi Pemasaran di bidang jasa ini, sangat berbeda dengan Strategi Pemasaran  Produk pada umumnya.

Sebelum masuk pada bahasan Strategi Pemasaran Jasa, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai Bisnis Jasa tersebut.

Bisnis Jasa merupakan bisnis yang menawarkan Layanan Jasa, bukan sebuah barang atau produk lain.

Contoh bisnis yang termasuk dalam hal ini adalah Jasa Konsultan, Jasa Psikologi, Jasa Pelayanan Kesehatan dan Jasa Transportasi .

Strategi Pemasaran Jasa.

Setelah memahami Bisnis Jasa, kini saatnya masuk pada pembahasan Strategi Pemasaran.

Perlu diingat bahwa Strategi Pemasaran menentukan kesuksesan Bisnis Jasa ini.

1. Layanan secara Efisien.

Yang pertama dilakukan sebagai Strategi Pemasaran adalah memberikan Pelayanan secara Efisien.

Ketepatan dan Kecepatan Layanan akan membuat Pelanggan puas , dan akan menggunakan jasa Anda lagi, serta kemungkinan besar akan mengajak teman-temannya.

Ini merupakan salah satu strategi tersembunyi, yang juga akan meningkatkan professional kerja Anda.

2. Kendali Harga.

Adanya perubahan harga, menjadi salah satu Strategi Pemasaran Jasa yang bisa diandalkan.

Anda bisa mencoba menawarkan diskon atau potongan harga dalam kurun waktu tertentu, untuk menarik pelanggan.

Jika perlu, Anda bisa membuka Program Diskon seperti ini, beberapa kali dalam setahun .

Namun, pastikan bahwa harga tersebut sesuai dengan nilai jasa yang Anda berikan.

3. Penggunaan  Sosial Media.

social media
Sumber : marketingdigest.com

Salah satu strategi yang umum dilakukan saat ini adalah menggunakan Sosial Media untuk meningkatkan pelayanan.

Anda dapat mempromosikan Layanan Anda melalui Sosial Media.

Anda harus memilih Sosial Media yang  tepat, sesuai dengan pasar yang mau dituju.

Setiap Sosial Media memiliki kelebihan masing-masing, sehingga Anda harus membuat promosi yang baik dan menarik.

Setiap Sosial Media seperti Facebook, Youtube, Instagram, dan lainnya, memiliki fitur untuk berpromosi, baik secara gratis ataupun berbayar.

4. Penyesuaian dengan Keadaan dan Budaya.

Anda bisa menyesuaikan strategi Anda dengan melihat apa yang sedang terjadi belakangan ini.

Seperti Budaya yang sedang tren, serta hal-hal yang sedang menarik banyak perhatian.

Peluang bisnis juga terkait dengan Budaya yang berkembang saat ini.

Apalagi di tahun 2025, Generasi Millennials  akan mendominasi pasar.

Sehingga Anda harus memahami Budaya Millennials, seperti kecenderungan bertransaksi via online, melihat dan mendengar berita melalui Sosial Media.

Bahkan mereka lebih menyukai komunikasi secara online dan  mengutamakan kreativitas   di tempat kerja.

Serta lebih menyukai, jika bekerja dengan waktu yang lebih fleksibel dan bekerja secara independen.

Sebelum melakukan promosi pemasaran kepada generasi ini,  Anda dapat menyiapkan desain promosi yang bagus dan meminta masukan dari mereka.

5. Kualitas Karyawan.

Anda dapat meningkatkan kualitas karyawan, agar dapat melayani pelanggan dengan baik.

Peran karyawan ini sangat penting, karena mereka adalah front terdepan dalam menghadapi pelanggan.

Citra perusahaan akan terlihat, saat karyawan memberikan layanan dari awal sampai akhir proses.

Sehingga, Anda perlu memberikan pelatihan tentang Pelayanan yang prima dan terkini kepada karyawan.

Hal ini akan membantu karyawan dalam memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan ,serta dapat menjawab tuntutan kedepannya.

6. Website yang Interaktif.

interactive web design
Sumber : drupal.org

Anda harus memiliki website yang rapi dan professional.

Website yang dibuat harus memiliki navigasi yang mudah, desain yang menarik dan cepat untuk mendapatkan informasi yang dicari.

Peran website ini sangat besar sekali untuk menjaga kepercayaan pelanggan Anda.

Saat ini, peran website sangat penting dalam menjalankan Strategi Pemasaran Jasa.

7. Jaringan dan Referensi.

Usahakan selalu membangun jaringan atau hubungan baik , dengan berbagai mitra atau relasi lama dan baru.

Dan ,jika Anda dapat memberikan layanan yang baik dan memuaskan pelanggan.

Anda dapat meminta Surat Referensi, sebagai ucapan terima kasih atas layanan yang diberikan.

Hal ini sangat penting , karena akan berguna bagi calon pelanggan baru dalam memutuskan untuk memakai layanan Anda berikutnya.

Dengan menjalankan semua hal diatas, maka Anda dapat menjalankan sebuah Strategi Pemasaran Jasa yang jitu.

Dan, Anda akan mendapatkan respon yang positif dari pelanggan Anda dan akan menguntungkan bisnis Anda.

Sehingga , sebuah Strategi Pemasaran Jasa dapat berjalan dengan baik, jika Anda memahami berbagai hal di atas dan siap untuk menjalankannya.

Baca juga :

Strategi Bisnis Online yang digunakan Orang Sukses

Bauran Pemasaran memiliki 4 Komponen Penting

Related posts

Leave a Comment