Usaha Barbershop , Kupas Tuntas Peluang Bisnis Cukur Rambut

UMKM usaha barbershop atau bisnis cukur rambut

UMKM – Usaha Barbershop – Sejarah Barbershop – Penampilan adalah salah satu perkara yang wajib diperhatikan bagi sebagian besar masyarakat. Oleh sebab itulah jasa salon atau perawatan akan selalu hidup untuk menunjang penampilan.

Berbeda dengan salon yang diklasifikasikan untuk pengunjung wanita, barbershop adalah layanan jasa yang diperuntukan khusus melayani kebutuhan pria.

Salon dan barbershop memang sama – sama menjual jasa, hanya saja perlakuan dan jenis yang ditawarkan jelas berbeda.

Di salon terdapat banyak jenis perawatan yang ditawarkan, mulai dari merias rambut, meluruskan, memotong dan segala hal yang diminati oleh kaum hawa. Umumnya perawatan seperti ini tidak terlalu diminati oleh para pria.

Barbershop sudah ada sejak 2000 tahun silam. Nama Barbershop diambil dari bahasa latin ‘barba’ yang memiliki arti ‘janggut’. Sehingga pengaplikasiannya ditujukan pada kaum pria.

Jadi, bukan sekedar jasa layanan potong rambut saja yang ditawarkan oleh Barbershop tetapi juga Barbershop memberikan layanan pemangkas jenggot dan kumis untuk pria.

Peluang Usaha Barbershop

Bagi pembaca pria, pernahkah Anda mengantri saat hendak mencukur rambut?

Atau malas mengantri lalu pergi mencari barbershop lain yang sepi tapi malah kecewa karena hasil cukurnya tidak sesuai seperti barbershop langganan Anda?

Ya seperti itulah peluang usaha barbershop. Ada peluang untuk mendapatkan pelanggan tetap, ada juga peluang untuk mendapatkan random customer seperti contoh di atas. Ada juga resiko kehilangan pelanggan karena usaha Anda selalu ramai, ada juga resiko kehilangan karena pelayanan Anda yang buruk.

Dilihat dari segi modal, usaha ini membutuhkan modal yang relatif kecil jika dibandingkan dengan pendapatan yang cukup tinggi.

Dari sudut pandang operasional, dibandingkan dengan usaha jasa lainnya misalnya jasa kurir, barbershop juga termasuk bisnis yang mudah dikelola. Peralatan yang dipergunakan juga mudah diperoleh. Peluangnya cukup besar dan tak akan pernah surut.

Bagaimana Memulai Usaha Barbershop?

Setiap usaha di bidang jasa kuncinya terletak pada pelayanan dan kualitas yang terbaik. Dan untuk bisnis cukur rambut, potensinya cukup besar apabila dilakoni secara maksimal.

Jika Anda memutuskan untuk menjalani bisnis cukur rambut, berikut ini kami sajikan hal-hal penting yang dapat membantu Anda memulainya.

Tenaga Ahli Barbershop

Ketika kita sedang menjual sebuah layanan jasa, khususnya di bidang potong pangkas rambut, hal paling utama yang harus di pertimbangkan adalah kepuasan pelanggan. Hal ini tentunya dapat dicapai dengan memiliki tenaga ahli professional yang akan menunjang bisnis anda.

Dalam menentukan model dan gaya rambut secara tekhnis tentunya tidaklah mudah, karena setiap orang mempunyai bentuk wajah yang berbeda – beda.

Oleh sebab itu pelanggan pada umumnya akan meminta saran dari si pencukur rambut mengenai model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah mereka.

Tenaga ahli yang professional akan menunjang bisnis Barbershop anda. Sering kali pelanggan cepat bosan dengan gaya rambut yang mainstream.

Sehingga, pelanggan akan mencoba potongan gaya rambut yang sedang trend atau yang berbeda dari gaya rambut sebelumnya.

Disinilah pencukur rambut / hairstylist harus mampu menyesuaikan potongan rambut dengan bentuk wajah pelanggan dan juga dengan gaya rambut yang pelanggan mau.

Pencukur rambut akan memberi pilihan mengenai gaya rambut yang pas untuk pelanggan, dan terkadang dalam banyak kasus, potongan rambut tidak cocok dengan bentuk wajahnya, sehingga membuat pelanggan menjadi kecewa.

Jadi dalam mempekerjakan pegawai hairstylist harus mempunyai keterampilan yang memadai, Anda juga dapat berinvestasi pada kursus hairstylist untuk calon pegawai Anda.

Modal dan Analisa Usaha Barbershop

Kebutuhan Perlengkapan Alat :

  1. Menyewa Tempat dengan lokasi yang strategis, biasanya di pinggir jalan atau dekat dengan keramaian
  2. Kursi Barbershop
  3. Cermin / Kaca minimal , ukuran 1 x 2 m dan 1 x 0,5 m yang akan di letakan di depan kursi Barbershop
  4. AC / Kipas angin
  5. Meja dengan laci yang berfungsi untuk keperluan administrasi dan untuk menyimpan peralatan pangkas rambut
  6. 1 set gunting berbagai model seperti gunting potong, gunting sasak dan gunting kumis
  7. 1 set sisir potong berbagai ukuran
  8. 1 set mesin cukur rambut yang lengkap dengan sepatu sisir, minyak pelumas mesin cukur, dan kuas pembersih
  9. 1 buah hairsprey/alat semprot rambut
  10. 1 buah kuas muka
  11. 1 set kuas sabun + sabun + tempat sabun lengkap
  12. Handuk kecil
  13. 1pcs wadah bedak + bedak wangi + kuasnya
  14. Kep penutup badan / kain yang digunaka untuk menutupi tubuh bagian depan pelanggan
  15. 4 poster gaya / model rambut keluaran terbaru termasuk poster gaya rambut anak, remaja atau lainnya

Perkiraan Modal Awal Bisnis Barbershop

  • Tempat Sewa, perkiraan harga sebesar Rp 10.000.000,- s/d  Rp 15.000.000,- / tahun
  • Kursi 2/3 buah , perkiraan harga sebesar Rp 2.000.000,- s/d Rp 4.000.000,-
  • Seperangkat alat potong rambut lengkap, perkiraan harga sebesar Rp. 2.000.000,-
  • Cermin / Kaca 2 buah Rp. 500.000,-
  • AC – Air Conditioner , perkiraan harga sebesar Rp 3.000.000,- (1PK)

Perkiraan total biaya yang di keluarkan sebesar : Rp 17.500.000,- s/d Rp 24.500.000,-

Carilah Lokasi yang Strategis

Dan ternyata Lokasi juga sangat berpengaruh bersar dalam perkembangan usaha, apabila Toko atau Usaha tersebut ramai dikunjungi oleh pengunjung otomatis pemasukan juga bertambah, dan cepat balik modal.

Untuk menentukan sebuah lokasi, pilihlah di pinggir jalan yang selalu di lalui orang – orang, atau bisa juga dekat dengan pasar pembelanjaan, orang akan ramai mengunjunngi pasar. Atau dekat denga kompleks pemukiman yang padat penduduk.

Design Interior Barbershop

Untuk urusan interior ruangan barbershop , hal yang menjadi tema besar adalah tema maskulin. Dari maskulinitas ini anda dapat menggabungkan tema lainnya seperti pop art, minimalis, retro, punk, industrial style.

Berikut ini beberapa referensi desain interior barbershop yang dapat menginspirasi Anda.

 

usaha barbershop - UMKM - interior ruang barbershop

Maskulinitas berpadu kontras dengan warna dan poster vector art.

usaha barbershop - UMKM - interior ruang barbershop

Industrial style dengan dinding bata ekspos, langit-langit beton, dan lampu-lampu pipa besi.

usaha barbershop - UMKM - interior ruang barbershop

Modern klasik dengan pigura yang disusun acak di dinding. Cermin yang besar memberikan kesan lapang di ruangan yang kecil.

usaha barbershop - UMKM - interior ruang barbershop

Nuansa maskulin berpadu dengan gaya punk, mural – mural dinding yang sarat dengan ekspresi kebebasan.

Strategi Pemasaran Usaha Barbershop anda

Bagaimana caranya mempromosikan usaha Barbershop agar ramai pengunjung?

Selain lokasi dan tenaga ahli, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah tentang bagaimana cara memasarkan usaha Barbershop ini.

Tentunya banyak cara yang digunakan apalagi di jaman digital seperti ini, tentunya anda harus membuka akun Brand usaha Barbershop di segala jenis social media.

Manfaatkan media promosi gratis seperti Instagram, Facebook dll karna orang akan mencari informasi apapun melalui social media.

Setelah anda membuka akun di social media hal selanjutnya yang dilakukan adalah mengupload foto – foto lokasi dan hasil gaya rambut potongan anda dengan meminta izin pelanggan untuk memotretnya.

Upload, dan jangan lupa hashtag, karna orang akan mencari suatu informasi juga melalui hashtag.

Contoh hashtag yang dapat anda copy di akun bisnis barbershop anda:

#gentscut #menshaircut #gentsgrooming #hairstylists #barbering #barbershop #hairstylemens #hairstylefollow #bestofbarbers #hair #beardporn #beard #cut #freshcut #mensstyle #menshair #haircuts #fade #classy #mensgrooming #grooming #menscut #fashion #gel #clippers #fades #luxury

Bisa juga tambahkan nama kota anda, hashtag yang berhubungan dengan gaya hidup seperti:

#lifestyle #dope #getmoney #getrich #cash #case

Selalu Menjaga Kenyamanan Pelanggan

Nah, yang ini juga harus selalu diperhatikan , bagaimana cara memanjakan tamu tentunya harus murah senyum dan selalu ramah pada pelanggan.

Karena selain pelanggan merasa puas biasanya juga pelanggan memberikan tip atau mereka akan promosikan lagi kepada orang – orang yang mereka kenal kalau memang service anda oke.

Jaga selalu kebersihan tempat Anda, pertimbangkan pembuangan limbah sisa rambut dan sisa keramas dengan benar. Jaga sirkulasi udara dengan baik.

Memasang Poster / Spanduk

Dengan memasang poster dan spanduk di depan lokasi usaha anda tentu akan memudahkan pelanggan untuk mengenali usaha anda, dan agar semakin banyak orang yang tau.

Seiring perkembangan jaman trend dan gaya rambut pada pria sudah bermacam – macam variasi bentuknya. Semakin hari semakin terus bermunculan model barunya, apalagi rambut akan tetap tumbuh, jadi, orang akan melakukan kegiatan ini secara rutin.

Baca juga : bisnis buzzer social media

 

Related posts

Leave a Comment