Bagaimana sih cara menaikan omset bisnis melalui media sosial? Saat ini media sosial tidak hanya digunakan sebagai tempat bersosialisai antar individu saja. Namun, bagi Anda yang memiliki bisnis, sosial media menjadi salah satu hal penting untuk mempromosikan bisnis yang Anda miliki.
Media sosial tidak hanya membuat produk bisnis Anda semakin dikenal. Jika mengetahui cara pemanfaatanya dengan baik, media sosial bisa dijadikan sebagai cara meningkatkan omset penjualan atau bisnis.
Cara Menaikan Omset Bisnis Melalui Media Sosial
Sebagian orang pasti menggunakan media sosial hanya untuk bersenang-senang. Namun mereka tidak mengetahui manfaat lain salah satunya yaitu untuk menaikan omset bisnis melalui media sosial. Berikut ini cara menaikan omset bisnis melalui media sosial:
1. Gunakan Youtube sebagai Tempat Review atau Promosi
Anda bisa membuat hasil review produk dari pelanggan Anda di Youtube. Dengan begitu, produk Anda akan lebih mudah dikenali karena semua orang dapat mengaksesnya. Usahakan tidak mengunggah video berdurasi panjang karena akan membuat siapa saja yang menonton merasa bosan dan akhirnya tidak mengenali produk yang Anda tawarkan.
2. Gunakan Facebook Ads Sebagai Media Iklan
Salah satu fitur yang diberikan facebook adalah Facebook Ads atau Iklan Facebook. Fitur ini digunakan sebagai media promosi dan iklan dari sebuah fanpage yang dibuat oleh pengguna facebook. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengiklankan bisnis Anda di Facebook.
3. Buatlah Blog untuk Menaruh Artikel Bisnis
Jika bisnis Anda belum mempunyai website, Anda dapat menggunakan Blog sebagai tempat untuk memposting artikel-artikel mengenai bisnis Anda. Di Blog anda juga bisa membuat review atau informasi dalam bentuk tulisan.
Gunakanlah gambar atau foto yang berhubungan dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda berjalan dibidang fashion maka gunakanlah foto produk yang akan Anda jual. Sehingga pelanggan Anda tau dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.
Hari terbaiknya untuk mengupload posting artikel Anda adalah pada Selasa dan Rabu jam 9 – 11 pagi.
Waktu yang kurang efektif adalah pada hari Senin dan Jumat jam 10 pagi sampai 6 sore.
4. Gunakan Google My Business
Kini Google sudah meluncurkan produk bernama Google My Business. Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda pada Google My Business dan nantinya bisnis Anda akan ditampilkan oleh Google disemua perangkat baik desktop, ponsel, tablet dan perangkat lainnya.
Dalam menggunakan google my business Anda perlu memberikan pelanggan beberapa informasi penting yang mereka butuhkan dengan cepat seperti, nama, alamat toko, nomor telepon, serta jam buka toko Anda. Menurut riset konsumen google menunjukan bahwa 50% dari mereka mencari informasi melalui smartphone yang akan mengunjungi toko pada hari yang sama. Google My Business adalah cara yang efisien bagi pelanggan untuk menemukan informasi ini.
Tips Memanfaatkan Media Sosial Untuk Tujuan Bisnis
Pada hakikatnya media sosial digunakan untuk membentuk suatu jalinan komunitas, untuk itu pelaku bisnis tidak boleh mengabaikannya. Dengan memanfaatkan media sosial tersebut dapat membantu perkembangan bisnisnya, seperti untuk mempertahankan loyalitas pelanggan lama, mengambil konsumen baru, sebagai sarana mempromosikan produk usaha dan lebih mendekatkan hubungan konsumen dan perusahaan sehingga dapat menggali informasi lebih dalam mengenai keinginan dan kebutuhan konsumen. Ada beberapa point penting (tips) dalam memanfaatkan media sosial untuk tujuan bisnis:
1. Pilih Media Sosial yang Digunakan
Dalam memilih layanan jejaring media sosial mana yang akan digunakan, sebaiknya sesuaikan dengan sumberdaya perusahaan yang tersedia. Ada banyak pilihan situs sosial media yang bisa digunakan baik lokal maupun internasional.
Tapi, semakin banyaknya media sosial yang digunakan, maka akan semakin membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk mengurusnya.
Coba Anda bayangkan jika setiap akun media sosial yang anda gunakan (misalnya 3 media sosial) terdapat komentar atau pertanyaan yang masuk secara bersamaan.
Hal ini tentu akan menyita waktu Anda untuk memberikan respon balik, kecuali bila Anda sudah memiliki Agen Pemasaran Media Sosial khusus yang menangani bidang ini, maka hal tersebut bukanlah suatu masalah.
Sedangkan jika Anda hanya memilih menggunakan satu layanan media sosial, tentu ini akan membuat jadi lebih simple dan praktis. Tetapi, kelemahannya yaitu membatasi jangkauan komunitas bisnis anda.
Apabila Anda adalah seorang pengusaha kecil dengan sumber daya terbatas, maka gunakanlah satu atau dua layanan media sosial yang komunitasnya paling besar, misalnya yang paling umum adalah facebook dan Instagram.
2. Buatlah profile sosmed yang lengkap
Setelah Anda memutuskan untuk memilih media sosial yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah mendaftar (sign up)dan membuat profil selengkap mungkin. Profil yang lengkap memastikan bahwa konsumen tidak tertipu oleh akun palsu yang dapat menggunakan nama atau bisnis Anda untuk keuntungan pribadi. Tambahkan bukti tambahan dalam bentuk foto aktivitas, video atau dokumen lain yang membuat akun media sosial Anda lebih asli dan menarik.
3. Waktu yang Tepat Promosi di Sosial Media
Strategi dalam penyajian konten sangatlah penting jika Anda ingin menaikkan omset bisnis melalui media sosial.
Penggunaan media sosial bagi dunia bisnis saat ini merupakan salah satu langkah penting dalam pemasaran. Setiap perusahaan berusaha mendapatkan audiens yang banyak agar marketing yang dilakukan menjadi efektif. Namun, Apakah Anda tau? Dalam memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Google Plus harus dilakukan secara bijak.
Postingan, tweets atau update status yang terlalu sering bisa menjadi masalah bagi brand Anda, karena bisa dianggap spamming, membosankan, dan terlalu mengganggu bagi kenyamanan followers anda. Untuk itu, perhatikan jenis dan tema konten, waktu publikasi, serta penggunaan atribut dan layanan media sosial.
Demikianlah beberapa tips untuk menaikan omset bisnis melalui media sosial. Semoga menjadi refrensi bagi Anda yang ingin mengenalkan bisnis Anda di media sosial.
Baca Juga: Konsep Penting dalam Manajemen Pemasaran