ARTIKEL DUNIA KERJA
Dalam kesempatan kali ini, topik yang akan kita bahas adalah gaya kepemimpinan dalam organisasi. Anda pastinya sudah tahu bahwa dalam setiap kantor, perusahaan, maupun organisasi pasti memiliki pemimpin. Nah, dari para pemimpin ini mereka mempunyai gaya masing-masing dalam menjalankan tugasnya.
Definisi dari pemimpin sendiri adalah seseorang yang memiliki kemampuan tertentu dalam suatu bidang yang dapat mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk itu, kita harus bisa mengenali gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin di dalam suatu perusahaan maupun organisasi.
4 Tipe Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi
Apa sajakah gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan? Berikut ini ada beberapa tipe gaya kepemimpinan yang perlu kita ketahui.
Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi Yang Bersifat Demokratis
Tipe yang pertama yaitu gaya kepemimpinan demokratis. Dalam gaya kepemimpinan ini, ciri khasnya adalah wewenang yang tidak mutlak. Para pemimpin cenderung memberikan kebebasan pada bawahannya untuk mencapai tujuan tertentu.Tidak semata-mata harus menuruti perintahnya.
Pemimpin dengan tipe ini biasanya lebih bersifat fleksibel. Dia biasanya akan meminta pendapat dari bawahannya dan mengambil keputusan secara musyawarah. Gaya kepemimpinan ini juga sering disebut gayapartisipatif.
Gaya Kepemimpinan Otoriter
Tipe yang kedua disebut dengan gaya otoriter. Gaya kepemimpinan jenis ini justru memiliki kebalikan dengan demokratis.Para pemimpin justru menerapkan sistem kepatuhan yang amat kuat.Peran pemimpin cenderung lebih dominan dan sedikit melibatkan para bawahannya.
Para pemimpin dengan gaya ini cenderung bersifat kaku. Dalam pengambilan keputusan pun hanya sepihak, tanpa adanya musyawarah. Semua aturan harus dipatuhi dan biasanya akan ada sanksi jika melanggarnya.
Gaya Kepemimpinan Instruktif
Selanjutnya, tipe yang ketiga yaitu gaya kepemimpinan instruktif. Gaya kepemimpinan yang satu ini cenderung berlaku pada karyawan baru. Pemimpin biasanyaakan memberikan perintah kepada anak baru untuk mengerjakan suatu pekerjaan.
Instruksi yang diberikan kepada pegawai baru akan sangat detail dan jelas. Pemimpin akan memberikan pantauan dan pengawasan lebih kepada pegawai baru tersebut. Iapun tidak memberikan dukungan yang cukup terhadap pegawai barunya.
Gaya Kepemimpinan Konsultatif
Tipe yang terakhir adalah gaya kepemimpinan konsultatif. Sebenarnya untuk gaya kepemimpinan yang satu ini memiliki ciri yang hampir sama dengan gaya kepemimpinan demokratis. Pemimpin melibatkan para bawahannya untuk pengambilan keputusan.
Namun tetap ada perbedaannya.Jika dalam kepemimpinan demokratis, bawahan memiliki porsi yang sama dalam pengambilan keputusan. Tetapi, dalam kepemimpinan konsultatif, bawahan memiliki peran yang bersifat sebagai konsultan.Karena keputusan tetap berada di tangan pemimpin.
Itulah 4 tipe gaya kepemimpinan dalam organisasi. Masih banyak tipe lain dari gaya kepemimpinan dalam suatu organisasi. Tapi 4 tipe inilah yang paling sering kita jumpai dalam dunia organisasi.Semoga ulasan ini bermanfaat.
Baca juga daftar BPJS ketenagakerjaan