Apakah Anda memerlukan Agen Pemasaran Media Sosial untuk kemajuan bisnis Anda?
ARTIKEL BISNIS KARGOKU
Apakah Anda memerlukan Agen Pemasaran Media Sosial untuk kemajuan bisnis Anda?-Artikel Bisnis.
Perkembangan Media Sosial saat ini.
Dalam menjalankan bisnis jaman now, kita dituntut untuk memanfaatkan teknologi terkini.
Terutama dalam pekerjaan sehari-hari, seperti memanfaatkan aplikasi, media online dan media sosial .
Jika Anda ingin menjalankan pemasaran secara online, Anda disarankan untuk menggunakan media sosial.
Perlu Anda ketahui, bahwa ratusan juta pengguna Media Sosial yang ada saat ini , memiliki kebiasaan untuk menghabiskan waktunya di Media Sosial.
Para Pengguna atau Netizen ini menggunakan media sosial, baik untuk keperluan pribadi, maupun kantor.
Bahkan, menurut data dari We are social per Januari 2018, rata-rata netizen di Indonesia sudah menghabiskan waktunya di media sosial lebih dari 3 jam per hari.
Kebiasaan para Netizen ini, memberikan dampak kepada perilaku Netizen atau konsumen dalam mendapatkan informasi dan mengambil keputusan, saat hendak memakai atau membeli sebuah produk dan jasa.
Melihat hal di atas, beberapa perusahaan dengan merek terkenal sudah mulai menggunakan media sosial dalam memperkenalkan atau memasarkan produknya, terutama untuk mengambil peluang di tahun 2018 ini.
Jika Anda ingin sukses dalam menggunakan media sosial ini sebagai salah satu strategi pemasaran Anda, maka sebaiknya Anda dapat bekerja sama dengan orang atau pihak yang ahli di Pemasaran Media Sosial.
Agen Pemasaran Media Sosial.
Saat ini, Jasa Pemasaran melalui Media Sosial, dapat ditawarkan secara individu ataupun organisasi melalui sebuah Agen Pemasaran Media Sosial yang ada di kota Anda.
Strategi Pemasaran yang dilakukan melalui Media Sosial , akan sangat berbeda dengan yang biasanya dilakukan pada media lainnya.
Disarankan, Anda dapat belajar atau bekerja sama pada ahlinya atau Agen Pemasaran Media Sosial.
Tapi , Anda pasti akan bertanya, apa alasannya sehingga seseorang atau sebuah perusahaan harus bekerjasama dengan sebuah agen pemasaran media social?
Disini ada beberapa pertimbangan yang dapat digunakan :
-
Keahlian dan Pengalaman
Sebelum mengelola bisnis media sosial, Anda harus memastikan tujuan dan target yang Anda buat.
Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab :
- Bagaimana cara mengukur ROI ?
- Bagaimana membuat jadwal konten dan penyebarannya di berbagai platform?
- Apakah strategi media sosial Anda sesuai dengan strategi SEO yang dibuat?
- Bagaimana agar trafik yang masuk ke media sosial Anda diarahkan ke situs Anda?
Melihat berbagai pertanyaan di atas, untuk menjalankan Strategi Pemasaran melalui Media Sosial, maka Anda akan membutuhkan orang yang memiliki Kompetensi, Keahlian dan Pengalaman di bidang ini, agar hasilnya lebih maksimal.
Dengan bekerja sama dengan Agen Pemasaran Media Sosial, maka Anda akan mudah untuk menjalankan strategi pemasaran secara online , terutama melalui media sosial.
Anda atau team Anda , akan dapat belajar secara bertahap dan terstruktur tentang Pemasaran melalui Media Sosial.
Pilihan untuk bekerja sama dengan Agen Pemasaran Media Sosial, adalah keputusan yang harus anda pilih.
Tetapi juga, Anda dapat mengerjakannya sendiri atau Anda dapat membentuk internal team untuk menangani media sosial ini, kemungkinan biayanya akan lebih murah.
Tetapi akan membutuhkan waktu yang lebih lama, karena Anda dan team Anda akan membutuhkan waktu untuk pelatihan, ujicoba, riset dan simulasi.
Sedangkan, jika bekerja sama dengan sebuah Agen Pemasaran Media Sosial, maka Anda akan mendapatkan team yang lengkap dan fokus pada pencapaian hasil yang Anda harapkan.
Walaupun terkadang membutuhkan biaya yang lebih besar .
Benefit jika bekerjasama dengan Agen Pemasaran Media Sosial.
Team yang ada di Agen ini, biasanya sudah memahami cara kerja media sosial.
Sehingga mereka akan memahami harus mulai dari mana, menggunakan platform apa, konten apa saja yang cocok untuk digunakan, tools apa saya yang dapat membantu memonitor keberhasilan pemasaran melalui media sosial, dan seterusnya.
Hasil yang dicapai, pasti akan lebih memuaskan, jika dikerjakan secara team dan lebih terstruktur.
Biasanya Agen Pemasaran Media Sosial ini , akan selalu mengikuti perkembangan tentang platform, tools, teknologi dan tren yang terjadi di dunia digital dan media sosial.
Dengan memanfaatkan semua kompetensi dan pengalaman yang dimiliki, Agen ini akan mengetahui platform atau strategi apa yang cocok untuk bisnis Anda, jika Anda ingin melakukan Pemasaran melalui Media sosial.
Tentu saja, jika bekerjasama dengan Agen Pemasaran Media Sosial, maka peluang Anda berhasil akan jauh lebih tinggi dan pasti .
Perlu diketahui, bahwa orientasi penggunaan media sosial ini lebih cenderung untuk jangka menengah dan jangka panjang.
Biasanya, Agen Pemasaran Media Sosial akan memanfaatkan berbagai alat pemasaran, untuk membantu bisnis Anda atau klien nya.
Mereka akan membantu untuk memonitor dan melacak social campaign pada periode yang ditetapkan .
Para agen ini, memiliki akses ke berbagai alat atau tools seperti:
-Alat penjadwalan,
-Alat untuk analisa,
-Image Libraries,
-CRM programs,
-Content software ,dan
-Platform yang dapat menyajikan berbagai bentuk laporan.
Yang semuanya ini , dapat membantu dalam mengelola media sosial yang dimiliki oleh Anda atau klien, agar lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pemasarannya.
Sehingga akhirnya agen ini, dapat memberikan umpan balik yang menyeluruh, tentang kinerja media sosial yang digunakan oleh Anda atau kliennya.
Dan mereka akan dapat memberikan saran, untuk perbaikan berikutnya, agar tujuan anda atau perusahaan dapat tercapai.
-
Efisien dan Efektif.
Pelanggan selalu berharap , agar merek perusahaan akan selalu terus diperbaharui, disebarkan dan dapat berinteraksi melalui media sosial kepada pelanggan.
Survei dari Sprout Social mengatakan bahwa 90% responden yang telah menggunakan media sosial, akan berkomunikasi secara langsung dengan merek .
Dan responden berharap bahwa mereka dapat ditanggapi dalam waktu paling lama 4 jam.
Bagaimana jika anda tidak menanggapi pertanyaan atau masalah mereka dalam 4 jam?
Kemungkinan Anda akan kehilangan pelanggan potensial.
Pemasaran melalui Media Sosial adalah Pemasaran Real Time, yang perlu dikelola secara real time juga dan memerlukan team tersendiri yang fokus pada pengelolaan Media Sosial.
Jika Anda belum memiliki Internal Team, maka sebaiknya Anda dapat bekerja sama dengan Agen Pemasaran Media Sosial.
Sehingga, pelayanan atau pemasaran Anda yang dilakukan secara online, terutama melalui media sosial akan terkelola dengan baik.
Hal ini, akan sangat membantu Anda dalam menjalankan Strategi Pemasaran secara online, khususnya melalui media sosial.
Dan selanjutnya , Anda dapat fokus pada pengelolaan bisnis perusahaan secara keseluruhan.
Tanggung jawab Agen Pemasaran Media Sosial.
Tetapi walaupun demikian, Anda perlu mengetahui tugas dan tanggung jawab dari Agen Pemasaran Media Sosial atau penanggung jawab media sosial yaitu :
2.1 Membuat konten (artikel, video, infografik dan lainnya).
2.2 Membuat respon terhadap posting media sosial yang masuk.
2.3 Memeriksa berita atau artikel terkait di industri yang sejenis.
2.4 Melakukan riset terhadap influencer yang terbaru.
2.5 Membuat jadwal posting di media sosial.
2.6 membuat posting media sosial yang baru.
2.7. Membaca dan menganalisa perkembangan media sosial yang dikelola.
2.8. Berinteraksi dengan follower.
2.9. Menindaklanjuti semuanya melalui telepon, email dan media sosial.
Melihat semua tanggung jawab ini, sehingga sebuah perusahaan, minimal akan membutuhkan seorang penanggung jawab atau Manajer Media Sosial.
Dia harus dapat memberikan strategi pemasaran yang selalu aktual dan konsisten dalam menjalankan campaign atau program pemasaran .
Jika Anda belum memiliki seorang Manager di bidang Media Sosial, maka Anda sebaiknya dapat bekerjasama dengan Agen Pemasaran Media Sosial.
Kenapa pernyataan di atas menyatakan bahwa keberadaan Penanggungjawab Media Sosial di perusahaan adalah sangat penting ?
Hal ini disebabkan, karena dalam dunia media digital atau media sosial yang ‘serba real time’ saat ini.
Anda harus konsisten dan reguler, dalam melakukan campaign atau memberikan respon terhadap calon pelanggan/pelanggan atau netizen yang membuka atau mengikuti media sosial Anda atau Perusahaan.
Sehingga untuk menjalankan strategi pemasaran online secara efektif, maka Anda akan membutuhkan berbagai platform media sosial.
-
Mengikuti perkembangan terkini.
Jika Anda bekerja sama dengan Agen Pemasaran Media Sosial, mereka akan membantu Anda dalam melakukan riset pasar dan dapat mengidentifikasikan kondisi persaingan saat ini.
Anda juga akan mendapatkan informasi terbaru tentang Digital Marketing, yang dapat membantu perbaikan Strategi Pemasaran Online anda, seperti dalam menentukan target audiens atau demografi Calon Pelanggan anda.
Bahkan mereka juga , bisa masuk lebih detail dalam melihat potensi yang ada di pasar melalui Analisa Perilaku , Preferensi dan Minat pelanggan anda.
Dan mereka juga dapat memberikan masukan dari berbagai perspektif , yang selama ini belum anda perhatikan.
Dan mereka akan memberikan input atau ide-ide baru yang dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.
Peran Agen Pemasaran Media Sosial.
Kita mengetahui, bahwa media sosial ini akan selalu berkembang dengan cepat, sehingga dapat merubah kebiasaan dan perilaku Pelanggan anda.
Sehingga dari waktu ke waktu, Anda harus selalu memonitor dan menganalisa semua data yang ada di Media Sosial anda.
Dan Anda harus memahami, bagaimana mengikuti semua perubahan ini dan bagaimana memanfaatkan media sosial ini, agar dapat mencapai tujuan perusahaan terutama di bidang Pemasaran.
Disinilah peran dari Agen Pemasaran Media Sosial dalam membantu perusahaan dan kliennya, agar dapat menjalankan strategi pemasaran online.
Melalui kerjasama dengan Agen Pemasaran Media Sosial, maka mereka akan membantu Anda dalam menargetkan calon pelanggan atau netizen yang ideal dengan akurasi yang baik.
Mulai dari usia mereka, tempat tinggal , merek yang disukai , latar belakang pendidikan, bahkan status mereka.
Dan data ini sifatnya real time.
Setelah membaca artikel ini, Anda tentunya dapat memahami, kenapa sebuah perusahaan membutuhkan Agen Pemasaran Media Sosial.
Baca juga : Inilah Rekomendasi Online Payment Gateway Indonesia Terbaik Untuk Bisnis Online