Online Marketplace adalah Solusi Transaksi saat ini

Online Marketplace adalah

Online Marketplace adalah suatu topik yang sering dibahas akhir-akhir ini.

Hampir setiap pengguna internet mungkin pernah mengenal tentang Online Marketplace sebelumnya.

Sebagian besar dari kita juga sudah terbiasa memanfaatkan Online Marketplace dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Online Marketplace? Mari kita lihat pembahasan berikut yang akan membantu Anda untuk memahaminya.

Online Marketplace adalah website (situs) yang berada di bawah payung e-commerce sebagai tempat bertemunya para pembeli dan penjual secara online , dimana Para Penjual dapat menyediakan informasi tentang berbagai produk atau jasa, dan Para Pembeli dapat melakukan transaksi mulai dari pemesanan sampai dengan pengiriman produk atau jasa tertentu.

Penyedia Online Marketplace (Online Marketplace Operator) adalah pihak yang mengelola website atau apps yang akan bertanggung jawab untuk memfasilitasi transaksi yang terjadi melalui Online Marketplace, termasuk melakukan pembayaran kepada Penjual, serta memberikan layanan melalui marketplace.

Website atau apps seperti Tokopedia atau Bukalapak adalah contoh yang sangat baik dari Online Marketplace Operator yg terkenal.

Saat ini, Gojek dan Grab juga merupakan contoh Penyedia Online Marketplace yang memiliki multi-fungsi.

Dalam dunia business-to-business, ada layanan seperti Sejasa and RecomN yang dapat menyediakan Online Marketplace untuk bantuan profesional on-demand dalam menyelesaikan sebuah proyek.

Mengapa Orang menyukai Online Marketplace?

Online Marketplace adalah penyedia informasi tentang berbagai produk atau layanan bagi pelanggan untuk memilih produk atau jasa yang akan digunakan.

Hal ini dapat dilakukan, karena Online Marketplace dapat memastikan tentang persediaan barang dan dapat mengumpulkan para Penjual yang terpercaya.

Dalam hal Marketplace yang berbasis layanan online, kemudahan penyediaan layanan yang tersedia dalam waktu singkat akan sangat menarik bagi mereka yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan penelitian sendiri dalam mencari sebuah produk atau jasa.

Industri yang dapat dimasukkan pada Online Marketplace adalah sangat bervariasi.

Beberapa Online Marketplace adalah untuk belanja umum, sementara yang lain secara khusus melayani penjualan barang antik, barang bekas, elektronik, makanan atau segmen pasar yang lebih spesifik.

Online Marketplace yang lain dapat menyediakan jasa penyediaan penata rambut, terapis, guru dan tenaga kesehatan.

Layanan seperti Tokopedia dan Gojek telah digunakan sehari-hari oleh pelanggan, terlebih sejak meningkatkannya minat dan kebutuhan dari para pelanggan untuk berbelanja atau transaksi secara online .

Pada perkembangannya , layanan yang diberikan semakin bervariasi dan Penyedia Online Marketplace sering memberikan berbagai bonus atau insentif yang menarik kepada pelanggannya, agar pelanggan tetap setia memakai layanannya.

Penyedia Online Marketplace saat ini, seringkali memiliki Penjual produk yang berasal dari berbagai daerah atau tempat yang berbeda.

Melihat kondisi ini, agar transaksi dengan para Penjual yang berlokasi di berbagai daerah dapat berjalan dengan lancar, maka Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang harus mempertimbangkan untuk menggunakan sistem otomasi pembayaran.

Tujuannya adalah agar proses pembayaran bisa lebih cepat , lebih aman dan lebih dapat diandalkan, sekaligus mengurangi waktu dan tahapan proses manual yang digunakan.

Karena Online Marketplace dapat menampilkan dan menyediakan produk dari banyak Penjual, sehingga persediaan produk selalu tersedia untuk pelanggan dan harganya bisa lebih kompetitif.

Hal Ini dapat menjaga agar pelanggan dapat berbelanja dengan mudah dan dapat melihat berbagai pilihan produk atau jasa , biasanya pelanggan akan tetap membeli apa yang mereka lihat secara online jika prosesnya mudah, persediaan selalu ada, harga bersaing , transaksi aman dan tanpa hambatan.

Inilah mengapa Online Marketplace cenderung menjadi tempat yang paling sering dikunjungi secara online dan berkembang pesat di dunia.

Ketika datang ke e-commerce, Online Marketplace dapat bertindak sebagai toko satu atap untuk konsumen online yang ingin menghemat waktu, uang, dan usaha saat berbelanja untuk sebuah produk atau jasa.

Tanggung Jawab Penyedia Online Marketplace

Penyedia Online Marketplace (Online Marketplace Operator) adalah pihak yang mengawasi semua transaksi dan memastikan bahwa dana tersebut dikirim sesuai dengan nilai produk atau jasa yang dipilih oleh pembeli kepada Penjual yang tepat.

Ketika Pelanggan memesan produk, Penyedia Online Marketplace bertanggung jawab untuk menerima pembayaran yang sah (untuk sementara waktu) dan memberi tahu kepada Penjual bahwa produk yang dipilih telah dipesan dan dibayar oleh si Pembeli, sehingga Penjual kemudian dapat memenuhi pesanan dan mengirimkannya kepada Pelanggan secara tepat waktu.

Selanjutnya, Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang akan membayar kepada Penjual setelah produk diterima dengan baik oleh si Pembeli.

Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang tidak hanya bertindak sebagai Agregator Produk atau Jasa.

Mereka juga menyediakan Customer Service ( layanan bantuan lainnya) kepada pelanggan yang memesan atau menghubungi website mereka.

Ketika menangani perselisihan transaksional, pengiriman, atau kepuasan pelanggan, Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang pertama sekali harus  bertanggung jawab.

Menjadi Penyedia Online Marketplace adalah sebuah tantangan tersendiri

Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang menghadapi beberapa tantangan unik sebagai model bisnis.

Karena ketergantungan mereka pada pihak ketiga, hubungan dengan Pemasok atau Penyedia layanan atau Penjual adalah sangat penting.

Mereka memiliki tantangan yang sama seperti mengelola karyawan, mengelola transaksi atau keluhan dari berbagai Penjual dan Pembeli. Tentu saja hal ini sangat membutuhkan kesabaran dan sistem pengelolaan yang baik.

Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang terkadang hanya menghasilkan margin keuntungan yang lebih tipis, karena mereka harus bersaing dengan Penjual atau Pemasok Tradisional atau Offline.

Namun mereka tetap harus membayar tarif yang lebih kompetitif kepada  jaringan atau mitra mereka.

Karena itu, mereka perlu menjalankan bisnis seoptimal mungkin.

Untuk menjaga kesinambungan bisnisnya, Penyedia Online Marketplace adalah pihak yang harus selalu melakukan inovasi dan perbaikan terus menerus, terutama dalam hal memenuhi harapan pelanggannya dan mampu mengelola skala operasi yang lebih besar dengan biaya yang efisien.

 

Baca juga : Apakah Bisnis Startup Digital masih sangat Menjanjikan ?

Related posts

Leave a Comment