Pengertian Manajemen Logistik dan Integrasi Aktivitas Bisnis Logistik

pengertian logistik - pengertian manajemen logistik dan supply chain management - jasa pengiriman barang - jasa logistik - pengertian logistik

KARGOKU – PENGERTIAN MANAJEMEN LOGISTIK

Artikel dan Berita Logistik – Pengertian manajemen logistik – Logistik adalah sebuah bagian rantai pasok yang mengurusi arus sebuah barang, (termasuk uang dan informasi ) melalui proses pengadaan, transportasi, penyimpanan, distribusi dan juga pengantaraan.

Secara singkat pengertian logistik adalah serangkaian proses yang meliputi perencanaan, implementasi, hingga pengawasan sebuah arus.

Pengertian Manajemen Logistik-  Terdapat dua terminologi yang dianggap berbeda oleh para pakar bisnis logistik, yaitu logistic management dan supply chain management (SCM). Apa sebenarnya perbedaan antara pengertian manajemen logistik dan manajemen rantai suplai ?

pengertian logistik - pengertian-manajemen-logistik-scm-supply-chain-management-kargoku-aplikasi-pengiriman-barang-bisnis-logistik-jasa-logistik

Pengertian logistik – Terminologi manajemen logistik hadir lebih awal. Pengertian manajemen logistik yang paling dasar adalah proses pengintegrasian aktivitas keluar masuknya barang yang terjadi dalam skala organisasi. Fokus utamanya adalah murni perkara customer satisfaction atau kepuasan pelanggan.

Sedangkan terminologi manajemen rantai suplai merupakan konsep modern ketika aktivitas logistik menjadi lebih luas dan kompleks. Fokus utamanya adalah meraih competitive advantage, sehingga pada gilirannya akan melibatkan multi organisasi.

Menyadari kedua hal tersebut tidak terpisahkan maka bisa kita satukan saja keduanya untuk menghadirkan makna baru.

Pengertian manajemen logistik adalah upaya pengaturan keseluruhan fungsi-fungsi yang saling terkait dari sebuah aktivitas rantai suplai.

Kegiatan manajemen logistik biasanya meliputi:

  1. Manajemen transportasi inbound dan outbound
  2. Fleet Management atau manajemen armada
  3. Warehousing atau pergudangan
  4. Materials Handling atau penanganan material / bahan baku
  5. Order Fulfillment atau pemenuhan pesanan
  6. Desain jaringan logistik
  7. Inventory atau manajemen persediaan,
  8. Perencanaan supply/demand
  9. Manajemen dari penyedia layanan pihak ketiga logistik.

Pada tingkatan yang bervariasi, fungsi logistik juga mencakup:

  1. Customer services atau layanan pelanggan.
  2. Sourcing and Procurement atau sumber dan pengadaan.
  3. Production Planning and Scheduling atau perencanaan produksi dan penjadwalan.
  4. Packaging and Assembly atau Pengemasan dan perakitan.

Pengertian manajemen logistik lebih lanjut.

Pengertian Manajemen Logistik lebih lanjut lagi adalah bahwa manajemen logistik juga merupakan bagian dari keseluruhan tingkat perencanaan dan pelaksanaan operasional.

Termasuk di dalamnya terdapat pula taktik dan strategi dari organisasi yang satu dan lainnya, yang saling mengisi posisi peran dalam rantai suplai.

Manajemen Logistik mengintegrasikan keseluruhan fungsi, yang mengkoordinasikan semua aktivitas bisnis logistik.

Dalam hal ini manajemen logistik juga terintegrasi dalam kegiatan bisnis logistik dengan fungsi-fungsi lain.

Integrasi aktivitas bisnis logistik lainnya meliputi:

  1. Kegiatan pemasaran jasa logistik.
  2. Manufaktur dan proses industri lainnya.
  3. Keuangan dan pengaturan anggaran logistik lainnya.
  4. Informasi dan teknologi logistik.

Sekian tentang pengertian manajemen logistik. Baca juga artikel bisnis logistik lainnya dan Logistik Secara Umum.

Related posts

Leave a Comment