3PL , Layanan Logistik Terintegrasi

3pl - logistik

KARGOKU – LOGISTIK

3PL adalah pihak yang bisa berupa sebuah perusahaan ataupun individu yang menyediakan jasa layanan logistik kepada perusahaan atau individu untuk melakukan satu atau lebih sebuah layanan yang berada di dalam supply chain management.

Bisnis logistik yang semakin berkembang dari tahun ke tahun, dan kebutuhan yang semakin meningkat membuat model bisnis logistik pun berkembang dan berubah.

Pengguna jasa logistik saat ini lebih ingin fokus menangani core business perusahaan membuat para pemain jasa logistik mulai melirik bisnis jasa one stop solution dan membangun positioning sebagai third party logistic company (3PL) dan fourth party logistic company (4PL).

Model bisnis yang digunakan yaitu perusahaan menyerahkan pekerjaan logistik mereka mulai dari barang keluar dari pabrik hingga barang dikirim dan diterima ke tingkat gudang distributor ataupun gudang peritel.

kargoku.id - 3pl adalah
Layanan Logistik Terintegrasi

Mekanisme model bisnis third party logistic company (3PL), perusahaan pengguna biasanya menyerahkan pekerjaan logistik sejak barang keluar dari pabrik hingga ke tingkat gudang distributor atau gudang peritel.

Sebagai contoh, perusahaan kosmetik yang menggunakan jasa layanan  third party logistic company (3PL) akan mendapatkan layanan penanganan barang dari pabrik lalu masuk ke gudang penyimpanan kemudian dikirim ke bagian stok ritel (seperti : Carrefour , Giant, Transmart dan lain sebagainya).

Selain pengiriman, beberapa perusahaan logistik juga memberikan tambahan nilai pada saat barang berada di gudang seperti melakukan sortir maupuan pengemasan (packaging) bila diperlukan.

Beberapa contoh perusahaan yang menyediakan layanan third party logistic company (3PL) antara lain yaitu DHL Supply Chain, Wira Logistik, Kamadjaja Logistic dan Pos Logistik Indonesia

Ciri – Ciri 3PL Provider

Salah satu yang mencirikan perusahaan dengan konsep bisnis ini  adalah penyedia jasa sudah mengelola gudang tersendiri, baik gudang tersebut milik sendiri maupun sewa.

Hal ini tentu berbeda dengan perusahaan pengiriman (transporter).

kargoku.id - 3PL adalah
Nilai Tambah yang Diberikan Third Party Logistic Company (3PL) adalah layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna

Model bisnis third party logistic company (3PL) pada dasarnya mengelola trucking, warehousing hingga distribusi di dalam satu atap. Selain 3 hal tersebut, pada layanan ini ada beberapa value added yang diberikan kepada pengguna. Nilai tambah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Beberapa layanan 3PL memberikan nilai tambah berupa tracking dengan menggunakan teknologi, inbound & outbound logistics, pengemasan barang hingga labeling.

Jenis 3PL

Third party logistic company adalah integrasi dari freight forwarder, perusahaan kurir dan perusahaan lainnya. Penyedia jasa ini terbagi menjadi 4 kategori antara lain:

Standard 3PL Provider

Standard 3PL adalah penyedia jasa third party logistic company yang melakukan kegiatan seperti loading dan unloading barang, pergudangan (warehouse), distribusi barang dan fungsi-fungsi dasar logistisk.

Rata-rata perusahaan yang menyediakan jasa dengan kategori ini, tidak menjadikan third party logistic company (3PL) provider menjadi kegiatan utama bisnis mereka.

Service Developer

Penyedia jasa ini menawarkan yang lebih kompleks dibandingkan dengan standard 3PL provider. Service Developer adalah memberikan layanan tambahan seperti cross-docking, tracking service, special case delivery atau menyediakan escort untuk keamanan barang.

Kategori penyedia jasa service developer biasanya sudah dilengkapi dengan sistem IT yang dengan layanan tersebut biasanya sudah solid.

The Customer Adapter

Layanan customer adapter adalah suatu layanan yang biasanya mengerjakan layanan-layanan yang disesuaikan dengan permintaan dari pengguna.

Layanan jenis ini pada dasarnya mengambil alih kontrol sebagian dari kegiatan logistik perusahaan yang menggunakan layanannya. Jumlah pengguna layanan ini tidak terlalu banyak.

Layanan ini dapat meningkatkan kinerja logistik secara dramatis, akan tetapi tidak membuat ataupun mengembangkan layanan baru.

The Customer Developer

Jenis third party logistic company  ini merupakan tingkat tertinggi dalam penyedia jasa third party logistic company. Customer Developer adalah penyedia jasa yang terintegrasi dengan si pengguna jasa dan mengambil alih seluruh fungsi logistik dari pengguna jasa layanan ini.

Baca juga : Kirim Motor via Kereta Api

Related posts

Leave a Comment