Kirim Motor Via Kereta Api ,Kirim Gratis untuk Mudik 2018

artikel bisnis - kirim motor via kereta api

KARGOKU – LOGISTIK

Artikel dan Berita Logistik – Jasa kirim motor via kereta api banyak dicari apalagi saat musim mudik seperti saat ini. Motor adalah salah satu transportasi yang mudah digunakan dengan beragam kondisi jalan. Bagi pemudik, beberapa menggunakan transportasi motor untuk mudik agar saat di kampung halaman pemudik memiliki alat transportasi untuk berkunjung ke rumah sanak saudara.

Kita ketahui bersama bahwa, menggunakan motor dengan jarak jauh tidak direkomendasikan. Hal ini karena mengendarai motor dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan kelelahan, selain itu rawan kecelakaan lalu lintas.

Bagi Anda yang ingin menggunakan motor saat di kampung halaman tetapi tetap dapat mudik dengan aman maka mengirimkan motor Anda ke kampung halaman dapat menjadi alternatifnya.

Cara Kirim Motor Via Kereta Api

Persiapkan Motor

Tips Kirim Motor Via Kereta Api – Kirim Motor Gratis Mudik 2018

1.Cari Informasi Mengenai Jasa Kirim Motor Via Kereta Api

Saat ini banyak ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman motor. Yang perlu diperhatikan dalam pengiriman sepeda motor via kereta api adalah carilah ekspedisi yang terpecaya dan memiliki track record yang baik. Selain itu, pastikan lokasi ekspedisi sesuai dengan tempat pengiriman Anda dan lokasi tujuan pengiriman.

Beberapa jasa ekspedisi menawarkan layanan door to door untuk jasa pengiriman sepeda motor. Layanan ini membantu Anda, agar tidak repot antar dan jemput sepeda motor ke agen pengiriman.

2. Kosongkan Bagasi

Kalau biasanya Anda senang menyimpan berbagai macam barang di dalam bagasi motor seperti jas hujan, obeng, lap motor hingga sepatu, maka untuk kirim motor via kereta api sebaiknya hindari hal tersebut.

Hal ini dikhawatirkan, adanya kehilangan barang-barang yang Anda letakan di dalam bagasi motor. Pastikan bagasi motor kosong, untuk menghindari kehilangan.

3. Kosongkan Tangki Bahan Bakar

Bagi Anda yang ingin mengirimkan motor melalui kereta api , Anda diharuskan mengosongkan tangki bensin sebelum pengiriman. Hal ini untuk menghindari tumpahnya bahan bakar dan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda tidak mau mengosongkan tangki bahan bakar, pihak ekspedisi akan mengosongkannya karena hal ini diwajibkan bagi pengiriman motor via kereta api.

4. Copot Kaca Spion

Motor yang akan dikirim harus melepaskan spion. Hal ini untuk memudahkan pihak ekspedisi untuk mem-packing motor Anda. Kaca spion dapat Anda letakan di bagasi agar tidak kesulitan mencarinya ketika sampai ke tempat tujuan.

5. Dokumentasi

Dokumentasi ini berfungsi untuk mendokumentasikan kondisi motor sebelum Anda serah terima ke pihak ekspedisi. Jika saat serah terima di tempat tujuan, motor mengalami baret atau kerusakan maka Anda dapat mengklaim kerusakaan tersebut.

Dokumentasi motor Anda, dengan cara memotret motor dari segala sisi.

Yang perlu dilakukan di jasa pengiriman motor

Tips Kirim Motor Via Kereta Api – Kirim Motor Gratis Mudik 2018

1. Cari Informasi Mengenai Biaya Pengiriman 

Setiap jasa ekspedisi kirim motor via kereta api memiliki biaya pengiriman yang berbeda-beda. Harga pengiriman tergantung dari tujuan pengiriman dan jenis motor yang akan dikirim.

2. Daftar Motor

Daftarkan motor yang akan dikirim dengan mengisi form pengiriman. Form tersebut berisikan mengenai informasi mengenai motor yang akan dikirim, tempat pengambilan motor dan tempat pengantaran motor di tempat tujuan.

3. Informasikan Identitas Penjemput

Jika Anda mengirimkan motor tidak menggunakan layanan door to door, maka Anda harus memberikan informasi mengenai identitas siapa yang akan menjemput motor Anda. Identitas penjemput, akan memudahkan pihak ekspedisi untuk memberikan informasi kepada penjemput bilamana motor sudah sampai ke tempat tujuan.

4. Serahkan kelengkapan motor

Kelengkapan motor yang biasa diminta pihak ekspedisi yaitu kunci kontak motor, STNK asli, dan helm (optional).

5. Simpan Nomor Resi

Jika motor sudah diserah terimakan untuk dikirim, maka Anda akan mendapatkan nomor resi. Nomor resi ini berfungsi untuk mengambil motor ataupun untuk mengklaim jika terjadi kerusakan motor.

Ongkos Kirim Sepeda Motor via Kereta Api

Kirim motor via kereta api – Ongkos Kirim Sepeda Motor via Kereta Api dengan Herona Express

Salah satu penyedia jasa pengiriman motor via kereta api adalah Herona. Untuk mengetahui informasi lebih detail Anda dapat langsung cek ke website Herona yaitu di www.herona.com

Biaya pengirima motor via kereta api dengan Herona dari Jakarta ke Serang yaitu Rp 212,500 untuk motor kecil dan Rp 1,275,000 untuk motor besar (moge).

Pengiriman motor dari Jakarta ke Semarang yaitu Rp 250,000 untuk motor kecil dan Rp 1,500,000 untuk motor besar (moge).

Biaya pengiriman dari Jakarta ke Surabaya yaitu Rp 262,500 untuk motor kecil dan Rp 1,575,000 untuk motor besar (moge).

Biaya pengiriman dari Jakarta ke Jember yaitu Rp 325,000 untuk motor kecil dan Rp 1,950,000 untuk motor besar (moge).

Kirim Motor Gratis – Lewat Kereta Api

Kirim motor via kereta api – Ada kabar gembira bagi pemudik lebaran tahun 2017, Kementrian Perhubungan melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengadakan kembali program kirim motor gratis lewat kereta api.

Pendaftaran mudik motor gratis, Tahap I dimulai pada tanggal 16 Februari sampai 16 April 2017. Dengan melakukan pendaftran mudik motor gratis, Anda memiliki kemudahan untuk membeli tiket kereta api untuk 3 orang penumpang.

Stasiun yang ditunjuk untuk pendaftaran angkutan sepeda motor gratis adalah Stasiun Jatinegara, Stasiun Bekasi, Stasiun Pasarsenen, Stasiun Tangerang, Stasiun Bogor, Stasiun Depok, Stasiun Lemah Abang, Stasiun Jakartagudang, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Purwakarta.

Jika Anda tidak mendapatkan kuota untuk program mudik motor gratis Tahap I, KAI membuka Tahap II dimulai tanggal 17 April sampai 4 Juli 2017 (online). Pada tahap II, hanya untuk pendaftaran motor saja

Saat arus balik mudik lebaran 2017, Anda tetap dapat mengikuti program mudik motor gratis dengan pendaftaran mulai tanggal 16 Mei – 4 Juli 2017.

Program mudik motor gratis dapat Anda cek lebih lenjut di http://mudikgratis.dephub.go.id yang dibuka tanggal 15 Februari 2017—14 Juni 2017.

 

Baca Juga : Peta Mudik

Related posts

Leave a Comment