Jalur Mudik Pulau Jawa 2017, Cek Dulu Sebelum Mudik

peta mudik - artikel bisnis

KARGOKU – LOGISTIK

Artikel dan Berita Logistik – Sebelum mudik, sebaiknya para Pemudik sudah mengetahui jalur mudik terlebih dahulu. Selain itu, sebaiknya Pemudik juga mengetahui jalur mudik alternatif yang dapat menjadi pilihan saat kondisi jalan buruk.

Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri telah tiba. Masyarakat banyak yang memanfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi ke sanak saudara serta pulang ke kampung halaman. Mobilitas masyarakat pun, saat lebaran tiba menjadi tinggi. Masyarakat yang berlomba-lomba untuk segera tiba di kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga.

Berikut jalur mudik 2017 dan jalur mudik alternatif yang dapat menjadi pilihan saat mudik.

Jalur Mudik 2017

Tahun ini, ruas tol ke Semarang yang sudah memiliki jalur baru tembus hingga pintu keluar Desa Gringsing, Waleri, Kabupaten Barang. Jalur mudik ini lebih jauh 110 km ke arah timur dari titik Brexit.

Pada jalur mudik ini tersedia 8 pintu keluar tol sementara yang terhubung dengan jalur Pantura (jalur nasional) dan jalur selatan Jawa Tengah.

Pada jalur fungsional Brexit – Weleri, kondisi jalannya masih belum sempurna. Jalur mudik ini masih tahap perkerasan beton tipis dimana baru bisa dilalui dengan kecepatan 40-60 km/jam.

Selain jalur fungsional Brexit – Weleri, jalur tol fungsional sudah tersedia dari Semarang sampai dengan Surabaya dengan panjang 245 km.

Mengantisipasi insiden Lebaran tahun lalu, dimana terjadi kemacetan di Brexit maka pemerintah menyiapkan beberapa rencana.

Rencana tersebut berupa rekayasa lalu lintas seperi rencana buka tutup Tol Cipali, serta pembangunan jalan layang di simpul-simpul kemacetan, seperti di empat flyover di Brebes Jawa Tengah.

Potensi penumpukan arus kendaraan tahun ini ada di zona Weleri – Kendal – Ngaliyan (pintu masuk tol Semarang). Hal ini disebabkan akan ada pertemuan sejumlah kendaraan antara kendaraan yang keluar dari jalur tol fungsional Weleri dengan kendaraan yang sedang melintas di jalan nasional.

Akan tetapi, kondisi ini akan dapat dipecah karena setelah Weleri terdapat beberapa jalur mudik alternatif untuk memecah arus  selain ke Semarang, arus kendaraan dapat dipecah ke arah Sukorejo ke selatan.

Setelah Tol Semarang – Bawen, jalur mudik selanjutnya ada jalur tol fungsional hingga pintu exit Salatiga. Selepas Salatiga hingga Kartasura kondisi jalan tol masih tahap pembangunan sehingga pemudik harus keluar ke lintas jalan nasional.

Putus Nyambung Jalur Tol Fungsional

Setelah Kartasura, pemudik dapat menggunakan jalur tol fungsional hingga Ngawi di pintu exit Wideran.

Kemudian, jalur mudik dilanjutkan dengan keluar lagi dengan menggunakan jalan nasional sampai pintu masuk tol di Klitik, Ngawi hingga pintu keluar di Gunungan, Magetan, lalu keluar kembali melewati jalan non tol hingga Sawahan, Nganjuk.

Jalur mudik dilanjutkan dengan masuk kembali ke jalur tol fungsional sampai dengan Kedungjati, Grobongan. Untuk meneruskan perjalanan di jalur mudik , pemudik keluar lagi dengan menggunakan jalur non tol hingga Purworejo.

Dari titik ini pemudik dapat menemukan jalur fungsional hingga Wilangan, Ngajuk yang kemudian keluar lagi untuk menyusuri jalan nasional sampai gerbang tol Kertosono.

Pemudik dapat lanjut hingga ke Jombang dengan menggunakan jalur tol yang sudah beroperasi. Dari Jombang sampai Mojokerto Barat, jalur mudik dilanjut dengan kembali jalur tol fungsional.

Dari Mojokerto Barat hingga Krian (Sidoarjo), pemudik dapat menggunakan jalur tol sudah beroperasi. Perjalanan setelahnya dari Krian dilanjut dengan jalur fungsional hingga keluar pintu exit Donorejo (Gresik). Kemudian jalur mudik dilanjut dengan menggunakan jalur tol sampai Surabaya.

Baca juga : Cari Truk Lewat Apps

Jalur Alternatif Mudik

Keterbatasan ukuran jalan dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas dapat menyebabkan kemacetan. Oleh karena hal tersebut, sebaiknya pemudik tidak hanya mengandalkan jalan tol fungsional.

Para pemudik dapat merencanakan jalur alternatif yang menjadi pilihan jika kondisi jalan tol fungsional tidak memunginkan.

1. Jalur Alternatif Tujuan Garut via Cipajati

Keunggulan jalur mudik ini adalah jalur ini tidak mengarah ke Jawa Tengah dan bus tidak melintas di jalur mudik ini karena kondisi jalurnya yang sempit. Kekurangan jalur ini yaitu penerangan jalan yang minim.

Bandung – Jalan Gedebage – Jalan Raya Sapan –  Jalan Raya Majalaya – Cicalengka –  Jalan Raya Cijapati – Kadungora (Garut)

2.  Jalur Alernatif Tujuan Garut via Ibun (Jalan Raya Ibun)

Alternatif jalur mudik ini kemungkinan menjadi pilihan pemudik jika kondisi Nagreg macet. Jalur ini terbilang masih jarang dilewati kendaraan. Kondisi jalur ini cukup memadai untuk dilewati pemudik.

Bandung – Jalan Gedebage – Jalan Raya Sapan –  Jalan Raya Babakan – Jalan Oma Anggawisastra – Jalan Patrol – Jalan Raya Paseh-Kamojang – Jalan Raya Kamojang

3. Jalur Alternatif Bandung – Banjar

Jalan mudik ini dapat menjadi alternatif jalur dari Bandung ke Banjar dapat melalui Garut sebagai berikut:

Bandung – Cileunyi – Cicalengka – Cijapati – Garut – Singaparna – Tasikmalaya – Manonjaya – Banjar

kargoku.id - jalur mudik - tips logistik
Jalur Alternatif Bandung – Banjar

4. Jalur Alternatif Tujuan Tasikmalaya

Jika Anda mudik dengan tujuan Tasikmalaya melalui jalur Nagreg dapat menggunakan jalur alternatif. Saat di cagak Nagrek ambil kanan dan masuk ke jalur Kadungora sampai bertemu dengan Pos Pam Leles.

Selanjutya belok kiri masuk jalur Sarkanjut (SKJ) hingga bertemu kantor Polsek Leuwigoong kemudian belok kiri dan ambil jalur ke Banyuresmi.

Kemudian masuk bunderan STM lalu belok kiri ke jalan Jendral Sudirman Sukadana. Selanjutnya belok kiri masuk jalur Cilawu–Salawu dan masuk Singaparna Tasikmalaya.

5. Jalur Alternatif Jakarta – Bandung

Bagi pemudik dari Jakarta ke arah Bandung yang enggan untuk menggunakan jalur tol Cipularang dan jalur puncak maka Anda dapat memilih jalur mudik seperti berikut :

Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Bandung
Tol Jagorawi – Cibubur – Jonggol – Cianjur – Bandung
Bogor – Sukabumi – Cianjur – Bandung

6. Jalur Alternatif Tujuan Jawa Tengah via Jalur Tengah

Selain menggunakan jalan tol operasional dan jalan tol fungsional, pemudik dapat menggunakan alternatif melalui jalan non tol fungsional. Berikut jalur mudik untuk jalur alternatif tujuan jawa tengah via jalur tengah :

Tol Cipularang – Cileunyi – Kadipaten – Majalengka – Cikijing – Rancah – Banjar – Majenang dan seterusnya ke arah Jawa Tengah

kargoku.id - jalur mudik - tips logistik
Jalur Alternatif Tujuan Jawa Tengah

7. Jalur Pantura dari Jawa Tengah

Salah satu jalur mudik alternatif yang dapat dilalui yaitu jalur alternatif Pantura sejak posisi di Jawa Tengah.

Pemudik dapat menggunakan jalur yang sejajar dengan tol setelah keluar tol di Pejagan dapat menggunakan jalur Bantarsari – Solo. Jalur ini ditempuh sejauh 370 km. Berikut jalur mudik dengan jalur pantura dari Jawa Tengah:

Jalur Bantarsari- Ketanggungan – Slawi – Randudongkal – Bantarbolang – Kebonagung – Wonotunggal -Bawang – Sukorejo – Boja – Unggaran – Semarang atau Solo.

Kemudian jika pemudik ingin melewati jalur utara dapat melewati jalur:

Semarang – Gubug – Godong – Purwodadi – Kunduran – Blora (dengan panjang jalur 108 km).

Selanjutnya ada jalur Rembang – Blora – Cepu – Padangan hingga perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

kargoku.id - jalur mudik - tips logistik
Jalur Alternatif Pantura

8. Alternatif Melalui Jalur Pantura Alternatif

Pemudik dapat memilih jalur mudik ini sebagai alternatif pagi pemudik dengan tujuan Purbalingga, Solo dan Yogya.

Jalur mudik ini dapat menjadi alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalur tol fungsional dengan menggunakan jalan kecamatan. Jalur mudik dapat menggunakan jalur yaitu :

Tol Pejagan – Ketanggungan – Prupuk – Tojong – Bumi Jawa (mata air Guci) – Bobotsari – Purbalingga dan seterusnya

kargoku.id - jalur mudik - tips logistik
Jalur Alternatif Jawa Barat – Jawa Tengah

Bagi pemudik dengan tujuan Solo dapat menggunakan jalur mudik sebagai berikut:

Purbalingga – Banjar Negara – Wonosobo – Temanggung – Bawen – Salatiga – Boyolali – Solo

Pemudik yang ingin ke arah Jogja dapat melalui jalur mudik sebagai berikut:

Purwokerto – Banyumas – Buntu – Gombong – (bisa masuk jalur alternatif pantai selatan) atau lanjut ke Kebumen – Purworejo – Wates – Jogja

 Baca juga Cara Kirim Motor Via Kereta Api

Related posts

Leave a Comment