Kargoku – aplikasi Ninja easy – Ketika melakukan transaksi jual beli online, walaupun sudah lebih mudah akan tetapi aktivitas ini memerlukan waktu yang tidak sedikit, biasanya konsumen diminta untuk mengisi keterangan data diri seperti nama, alamat, produk yang ingin di beli dan keterangan lainnya terlebih dahulu.
Kemudian baru si Penjual memasukkan data tersebut ke barang yang dipesan dan mengantarnya ke pick up point penyedia jasa logistik. Agen dari perusahaan logistik kemudian akan mengirimkan nomor resi ke Penjual dan baru dikirim kepada pembeli sebagai bukti bahwa barang tersebut sudah dalam proses aplikasi pengiriman barang.
Baca Juga klikbca tarumanagara.
Bagi para penjual, proses tersebut tentu harus meluangkan waktu yang tidak sedikit dimulai dengan mengurus administrasi pembelian hingga pengiriman barang. Proses panjang ini yang coba dipangkas oleh Ninja Xpress melalui Ninja Easy guna mempercepat proses transaksi jual beli.

Dengan aplikasi Ninja Easy, Penjual cukup membuka akun, mengunggah foto produk, mencantumkan harga, dan menuliskan alamat. Kemudian data data tersebut akan dibuat berupa tautan lalu disebarkan ke berbagai platform, seperti sosial media dan layanan pesan singkat.
Berbeda dari layanan transportasi Online
Menurut Indra Wiralaksmana, selaku Country Head Ninja Xpress. Karena belum adanya wadah logistik yang mampu memfasilitasi para penjual di ranah social commerce, pihaknya ingin memfasilitasi para penjual di media sosial seperti layanan point to point on demand delivery milik layanan transportasi berbasis online.
Indra juga mengatakan bahwa layanan pengiriman miliknya berbeda dengan layanan pengiriman yang disediakan oleh Grab atau GO-JEK. Baca Juga Contoh surat jalan Barang.
“Konsep Ninja Easy ini dalam berbisnis hanya menyubsidi ongkos pick up. Tapi selebihnya tidak. Maka kita buat on demand pick up bukan on demand delivery.” Jelasnya.
Dia juga mengatakan bahwa layanan ini layanan reguler. Pihaknya memposisikan diri sebagai penyedia jasa kurir bukan penyedia jasa transportasi online. Pihaknya hanya menambahkan fitur pick up.

Tarik Bukan Berdasarkan Jarak, Tapi Berdasar Berat
Tidak seperti fitur delivery on demand milik layanan transportasi berbasis aplikasi online yang hanya satu arah, dan tarif kirim yang dihitung berdasarkan jarak. Ninja Xpress dapat mengantar barang ke berbagai titik dan ongkos kirimnya dihitung berdasarkan berat barang.
Layanan pick up on demand baru tersedia di Jakarta. Namun, pengirimannya bisa ke banyak tempat sesuai wilayah Ninja Xpress. Untuk layanan pick up on demand, Ninja Xpress tidak mematok minimum jumlah atau barang. Layanan ini tersedia dari jam 9 pagi – 9 malam 7 hari dalam seminggu.
Baca Juga Cara cek nomor npwp online.
Indra mengatakan alasan mengapa Ninja Xpress menghadirkan aplikasi ninja Easy di Indonesia. Karena kesenangan orang indonesia berinteraksi melalui sosial media yang mendorong mengapa aplikasi ini diperkenalkan di Indonesia.

Indonesia juga memiliki pasar social commerce yang besar karena melakukan segala sesuatu disosial media seperti jual beli di sosial media. Alasan lainnya yakni jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar karena memiliki populasi terbesar di Asia Tenggara. Serta berada di urutan ke-4 negara dengan penduduk terbanyak di dunia.
Berlomba Terapkan Teknologi Penyedia Layanan Logistik Lainnya
Belum lama ini, penyedia layanan logistik lainnya, SiCepat Ekspres mengumumkan terobosan terkait resi pengiriman barang. Resi tersebut sudah bertransformasi menjadi Digital bukan lagi berbentuk selembar kertas. Selain resi digital, penyedia layanan ini juga memiliki layanan penjemputan barang, membuat pelanggan tidak perlu lagi datang ke gerai SiCepat Ekspres.
Untuk proses pembayaran barang, pembeli tidak perlu repot mentransfer uang terlebih dahulu. Pembeli dapat membayar uang secara tunai saat barang sudah sampai di lokasi kepada kurir. Uang tunai tersebut akan masuk ke akun penjual dan dapat di cairkan ke rekening bank penjual dengan lama proses pencairan hingga lima hari.
Baca Juga pengertian Vendor adalah.