Keunikan dan Keuntungan dari Kapal RORO
Artikel dan Berita Logistik – Kapal RORO –Kapal RORO sebagai transportasi laut biasanya dilengkapi jalur landai (ramp) yang berfungsi untuk membawa kargo beroda.
Kalau ditelusuri secara akronim RORO mempunyai arti “Roll-On/roll-Off”, berbeda dengan kapal LO-LO (Lift-On/Lift-Off) yang menempatkan kargonya dengan derek angkut katrol naik-turun secara statis.
Selain dengan adanya jalur landai yang bisa terpasang di bagian belakang atau depan kapal keunikan lainnya adalah sistem tumpuk yang lazim digunakan untuk memuat kargo beroda tersebut.
Rute kapal yang dapat menghubungkan 2 pelabuhan antar pulau ini, biasanya dibuat terjadwal.
Hal ini menjadikannya sebagai angkutan laut yang efisien untuk digunakan oleh masyarakat umum, hingga keperluan khusus seperti militer.
Terdapat beberapa jenis Kapal RORO seperti kapal feri, kapal feri pesiar, kapal kargo dan kapal tongkang.
Spesialisasinya yang membawa kargo khusus untuk kendaraan mobil dan truk lintas lautan disebut Pure Car Carriers (PCC) dan Truck & Car Carriers (PCTC).
Kapal jenis ini mempunyai satuan unit pengukuran muatan yang berbeda dari lazimnya transportasi laut.
Satuan yang dipakai adalah ton persegi/ metric tonnes.
Unit pengukuran satuan Kapal RORO adalah jarak per meter/lanes in meters(LIMs).
Satuan ini didapat melalui perhitungan panjang muatan per meter, jumlah tumpukan dan lebar muatan per meter.
Tiap angkutan kapal tersebut bisa berbeda-beda dalam kapasitas muatan tergantung daripada standar industri yang diterapkan.
Di Indonesia Kapal ini biasa disebut Kapal Feri.
Kapal RORO sudah sejak lama menjadi alat transportasi yang populer tanah air.
Dibawah naungan manajemen ASDP Indonesian Feri hampir tiap pelabuhan terdapat fasilitas angkutan Kapal Feri beberapa
Keuntungan adanya transportasi Kapal RORO adalah:
1.Waktu yang lebih cepat dan Biaya lebih murah.
Bagi Pengirim Barang, hal kecepatan dan biaya adalah yang utama.
Muatan seperti mobil dan truk bisa langsung bergerak menuju ke Kapal Feri di pelabuhan yang ditunjuk untuk memulai pengangkutan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya.
Kecepatan muatan untuk bergerak sendiri inilah yang bisa menghemat biaya dan waktu bagi pengirim.
2.Integrasi dengan alat angkut lain.
Integrasi antara Kapal RORO dengan moda transportasi yang membawa kontainer bisa menjadi pilihan bagi Pengirim Barang.
Biasanya perusahaan yang mengirim barang dengan memakai kontainer mengalami kesulitan, jika harus mengirim kontainer tersebut antar pulau.
Dengan adanya Kapal RORO, maka kontainer dapat diangkut dan dikirim dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya dengan mudah.
Bahkan saat ini, sudah ada Kapal jenis RORO yang dapat mengangkut kendaraan dan kontainer sekaligus, yang sering disebut Container RORO atau Conro
3.Jadwal dan Rute yang selalu tersedia dan terjadwal.
Kapal RORO selalu memiliki jadwal dan rute yang pasti.
Hal ini sangat membantu bagi Keluarga atau Para Pelancong yang ingin membawa kendaraannya sendiri.
Tentu saja dampak dari ketersediaan Kapal Roro di tujuan-tujuan wisata, akan dapat menaikkan jumlah Pelancong atau Turis.
KAPAL RORO TERBESAR
Untuk saat ini Kapal RORO untuk jenis Feri penumpang yang terbesar adalah MS Color Magic.
Berat kapal tersebut sebesar 75,100 GT (gross ton).
Mulai beroperasi semenjak September 2007 oleh Color Line.
Kapal yang dibangun di Finlandia oleh Aker Finnyards ini mempunyai panjang 223.70 meter dan lebar 35 meter, sehingga mampu membawa sekitar 550 mobil serta 1270 LIM kargo.
Kapal RORO jenis Feri penumpang dengan kapasitas pembawa mobil terbesar adalah Ulysses.
Kapal feri ini dinamai menurut Novel karya James Joyce dan dimiliki oleh Irish Ferries.
Kapal ini memasuki layanan pada tanggal 25 Maret 2001 dan beroperasi pada rute Dublin dan Holyhead.
Beratnya 50.938 GT, panjangnya 209.02 m ,dan lebar 31,84 m.
Kapal ini bisa membawa 1.342 mobil dan 4.101 meter jalur kargo.
Luar biasa bukan!
Baca juga : Dampak Terusan Kra, Ancaman Bagi Indonesia dan Negara Tetangga