Peluang dan Tantangan Perusahaan Logistik di Indonesia

perusahaan logistik di indonesia

Perusahaan Logistik di Indonesia

Artikel dan Berita Logistik – Sekarang ini banyak perusahaan logistik di Indonesia dari skala kecil dengan jangkauan yang terbatas hingga pengiriman skala internasional. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana peluang dan tantangan perusahaan logistik di Indonesia.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari perusahaan logistik di Indonesia. Logistik sangatlah penting dalam bisnis perusahaan yaitu untuk perencanaan, pengaturan, pengendalian arus barang, informasi, dan sumber daya lain suatu perusahaan dari hulu ke hilir.

Logistik kini juga mampu mengimbangi bisnis masa kini yaitu bisnis dengan metode e-commerce. E-commerce sangat membutuhkan peran perusahaan logistik untuk membantu pengiriman barang dan pengambilan barang. Sektor industri ini membantu baik penjual online shop ataupun para customer.

Dalam pelaksanaannya, logistik biasanya dibantu beberapa bagian-bagian yaitu sistem analisis, gudang, pembelian, tranportasi, dan distribusi. Logistik adalah salah satu ujung tombak terdepan di dalam suatu bisnis karena akan berhadapan langsung dengan konsumen. Logistik mengatur sistem pengeluaran, pemasukan, dan penyimpanan barang.

Walaupun terkesan mudah dalam menjalankan bisnis logistik, tapi perannya sangat penting. Bagaimana sebenarnya peluang dan tantangan perusahaan logistik di Indonesia, berikut beberapa peluang dan tantangan yang seringkali dijumpai pada sektor bisnis ini.

Peluang memulai bisnis logistik:

1. Bisa dimulai dengan modal awal yang tidak terlalu besar.
2. Jangkauan pasar yang luas.
3. Layanan yang diberikan tergolong cukup mudah, karena hanya mengantarkan barang kiriman hingga sampai tempat tujuan.

Adapun ancaman atau tantangan bisnis logistik:
1. Semakin banyak orang yang berminat pada bisnis ini, sehingga persaingan makin kuat.
2. Rentan mendapatkan komplain apabila kurang berhati-hati saat mengirimkan barang sehingga berakibat salah kirim, barang rusak, cacat atau hilang.
3. Terkait transportasi, makin naiknya harga bahan bakar seringkali tak dapat langsung diimbangi dengan tarif atau ongkos pengiriman.
4. Faktor cuaca dan jarak pengiriman yang mungkin hingga di luar daerah, serta kurangnya jaringan agen seringkali menyebabkan permasalahan dalam pengiriman barang.

perusahaan logistik di indonesia

Salah satu contoh bisnis jasa pengiriman barang yang relatif sederhana ditunjukkan oleh kawan-kawan dari west bike messenger. Mereka menggunakan para cyclist untuk mengirimkan barang.

Itulah beberapa peluang dan tantangan bagi perusahaan logistik di Indonesia. Dengan mengetahuinya, banyak individu yang ingin membuka bisnis ini karena akan berkembang pesat di Indonesia dan di dunia.

Sebagai penutup, sesulit apapun tantangan dalam berbisnis, namun jika kita tidak mudah menyerah, maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena di dunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan: pertama adalah orang yang sabar; dan yang kedua adalah orang yang tidak mudah menyerah.

Baca juga : tips untuk cari truk.

Related posts

Leave a Comment