Categories UMKM

Membuat Rencana Bisnis Cafe Kecil

Rencana Bisnis biasanya dibutuhkan bagi para wirausahawan yang ingin merintis usaha baru atau mengembangkan bisnisnya.

Rencana ini berisi tentang Tujuan Bisnis dan Bagaimana cara mencapainya tujuan tersebut dengan sistem yang lebih baik

Juga bertujuan agar kita dapat menghitung resiko , perkiraan dana yang dibutuhkan seperti: untuk modal kerja, investasi alat/perlengkapan, biaya operasi dan biaya sumber daya manusia .

Baca tentang definisi UMKM.

Latar belakang Rencana Bisnis

Di zaman yang semakin modern, banyak anak muda yang memilih tempat hangout atau nongkrong di cafe kecil sambil memesan minuman dan makanan ringan.

Anak muda ini lebih nyaman untuk bertemu dengan komunitas atau generasinya di cafe atau warung kopi modern.

Bentuk Usaha

Menjual berbagai macam jenis minuman dan snack seperti milkshake, juice, ice cream, kentang goreng, pisang bakar, dan lain sebagainya.

Lokasi Usaha

Kawasan kampus, sekolah, kantor dan food court.

Rencana Usaha

Langkah Persiapan Usaha

1. Riset Pasar untuk memahami kebutuhan pasar dan menentukan konsep pasar terbaik
2. Mengurus Perizinan Usaha
3. Mencari Tenaga Kerja untuk menjadi kasir, pembuat minuman/makanan dan pelayan.
4. Menyiapkan bahan baku
5. Menyiapkan alat produksi
6. Menyiapkan dekorasi ruang

Strategi Pemasaran

1. Menentukan Nama Cafe, Kemasan, Penataan Dekorasi, Penentuan Seragam Karyawan
2. Soft Opening sebagai Perkenalan Produk
3. Pembuatan Akun di Media Sosial melalui Instagram, Facebook, Twitter, Website sebagai Media Promosi
4. Perekrutan Tenaga Pemasaran untuk memasarkan secara offline maupun online dan mencari event lokal untuk berpromosi.
5. Memperkenalkan Produk dengan harga promo melalui berbagai macam media.
6. Promosi di beberapa event kampus, kantor  dan juga event kuliner agar dikenal oleh pangsa pasar.

Modal Awal ( Rupiah)

Biaya riset awal                     4.500.000
Sewa tempat dan dekorasi 10.000.000
Peralatan                               5.000.000
Seragam                                1.000.000
Proses recruitment                   500.000
Perizinan                                1.000.000
Biaya pemasaran                    3.000.000
Total                                      25.000.000

Modal Kerja 1 bulan

Bahan Baku                             4.000.000
Kemasan                                    600.000
Upah tenaga kerja  4 org        16.000.000
Total                                        20.600.000

Estimasi pendapatan 1 bulan

Penjualan minuman
40 porsi x 30 hari x Rp. 15.000 =  18.000.000
Penjualan snack
40 porsi x 30 hari x Rp. 12.000 = 14.400.000
Total estimasi pendapatan     =    32.400.000
Estimasi keuntungan           =  11. 800.000

Sumber modal

Modal pribadi  15.000.000
Modal investor 10.000.000
Total                  25.000.000

Semoga gambaran contoh Rencana Bisnis yang telah dipaparkan diatas dapat menjadi salah satu gambaran bagaimana menyusun rencana usaha Anda.

Anda tinggal mengadaptasikannya dalam bidang usaha yang akan Anda pilih untuk dikembangkan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tentang penyusunannya, Anda dapat menambahkan hal lain yang sesuai dengan usaha Anda agar perencanaannya lebih matang.

Menyertakan gambaran produk yang akan dijual, layout dekorasi, hasil riset pasar dan juga cara merekrut karyawan juga dapat Anda masukkan agar lebih sempurna di banding contoh Rencana Bisnis diatas.

 

Baca juga : Peluang Usaha dari Ide Bisnis Unik

More From Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Bisnis Gula Cair, Semanis Prospek dan Untungnya

kargoku – Bisnis gula cair bukan lagi sekadar ide manis yang terdengar sepele. Di balik…

strategi promo

Lebih dari Sekadar Diskon: Merancang Strategi Promo yang Cerdas dan Menguntungkan

Kargoku – Strategi promo seringkali terasa seperti pedang bermata dua bagi para pemilik bisnis, terutama…

Sales Achievement dan Market Share

Dari Sekadar Kejar Target Menjadi Raja Pasar: Pahami Sales Achievement dan Market Share

Kargoku – Sales Achievement dan Market Share seringkali terasa seperti dua dunia yang terpisah dalam…