Tommy Ambiyo Tedji Founder Brand Tas Lokal Byo
Kargoku.id – Bagaimana Tommy Ambiyo Tedji membangun Byo dari Nol
Desain tas modular dan geometris merupakan salah satu ciri keunikan tas Byo yang memiliki kesan futuristik dan penuh sains fiksi. Diluncurkan pada tahun 2010, perjalanan merk Byo tidak lepas dari eksperimen desainer Tommy Ambiyo Tedji.
Awal Mula Perjalanan Brand Tas Lokal Byo
Diawali dari menjadi karyawan, Tommy akhirnya banting setir untuk menjadi pengusaha. Dari bahan dan desain, Tommy mengawinkan dua film ilmiah kesukaan dia di masa kecil, Jurassic Park dan Independence Day menjadi suatu wadah inovasi dalam bentuk tas.
Produk tas pertama yang dibuat, tas yang terbuat dari bahan tyvek, hanya mendapat respon bagus di awal dan terus mengalami penurunan permintaan.
Hal ini membuat Tommy membuat antitesis dari produk pertamanya dan melahirkan tas yang sustainable dengan rancangan futuristik. Kesuksesan produk tidak hanya dari ide semata tapi perlu dibarengi dengan penjualan yang mampu menopang suatu usaha hingga berkelanjutan.
Kesuksesan Mulai Tampak
Kepercayaan akan berkembangnya bisnis tas muncul saat ia mengikuti pameran Brightspot Market. Dalam kurun waktu empat hari saja, tas yang ia hargai sebesar IDR 450,000 terjual sebanyak 15 buah. Pertama kali merasakan penjualan hingga jutaan rupiah, Tommy memutuskan resign untuk dapat fokus terhadap bisnis tas.
Dalam perkembangannya, Tommy juga memanfaatkan channel digital selain pameran – pameran. Beberapa channelnya adalah website Byo.com dan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Semakin bertumbuhnya marketplace sebagai bentuk kebiasaan berbelanja baru di masyarakat juga mendongkrak penjualan Byo, terbukti sales di marketplace Tokopedia melampaui sales dari website Byo sendiri.
Dengan tingginya minat atas desain tas Byo dan beberapa penghargaan yang diterima, The Most Promising Accessories Designer (Cleo Fashion Awards – Jakarta Fashion Week 2016), JFW Fashion Entrepreneur Award (Jakarta Fashion Week 2017) dan Good Design Indonesia 2017 oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, perjalanan brand Byo tidak semulus perjalanan model di catwalk.
Kisah dari Tommy Ambiyo Tedji dan tips menjadi entrepreneur di era Digital dapat anda simak lebih lengkap pada Hari ke-2 Workshop Entrepreneur Digital Marketing Karya Kreatif Jawa Barat 2020.
Bagi Anda para UMKM yang ingin menambah keilmuan tentang dunia bisnis dan kewirausahaan maupun ekonomi kreatif, dapat mengikuti webinar yang diadakan oleh Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), suatu event tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama dan sinergi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan, dan Perbankan dengan mengunjungi halaman berikut ini.

Sumber foto : whiteboardjournal